TIPS INVESTASI KRIPTO

5 Tips Investasi Kripto Yang Wajib Kamu Tahu

Diposting pada

Tips Investasi Kripto – Saat kamu membuka sosial mediamu, entah itu Facebook, Instagram, atau saat kamu membuka YouTube kamu pasti sering menjumpai topik yang bertemakan investasi kripto atau investasi bitcoin.

Sudah tidak bisa kita pungkiri kalau kripto ini masih menjadi pilihan untuk kamu yang ingin berinvestasi dengan mendapat keuntungan yang besar dengan waktu yang juga cepat.

Tercatat di Indonesia sendiri ada data yang menyebutkan bahwa investor bitcoin dan koin lainnya berjumlah 6.5 juta orang yang memiliki nilai transaksi sebanyak Rp 370 triliun rupiah per bulan mei 2021. Jumlah ini berhasil membuat investasi bitcoin mengalahkan jumlah investor saham dan reksa dana.

Jumlah peminat investasi kripto ini tidak lain karena harga dari bitcoin yang sempat melambung tinggi dan koin lainnya juga ikut menyusul menembus harga tertingginya. Karena hal ini akhirnya banyak dari masyarakat Indonesia mulai melirik investasi aset kripto ini, tanpa menganalisa terlebih dahulu. Serta belum tahu cara investasi yang benar khususnya berinvestasi aset kripto ini.

Yang perlu kamu ketahui jika kamu ingin berinvestasi di aset kripto ini, sama saja kamu berinvestasi ke instrumen lain seperti saham dan reksa dana, karena hasil yang akan kamu dapatkan lebih besar tentu saja hal ini akan berbanding lurus dengan risiko yang akan kamu terima. Istilahnya adalah High risk, high return.

Jika kamu seorang investor pemula yang tidak tahu tentang bagaimana cara investasi di kripto dan hanyak ikut-ikutan membeli koin yang sedang naik, kamu harus berhati-hati karena pasar kripto bisa membuatmu rugi. Tapi jika kamu memang benar-benar ingin belajar berinvestasi atau trading kripto berikut beberapa tips yang kamu harus pahami jika ingin memulai memasuki dunia kripto

Tips Investasi di Kripto Yang Wajib Kamu Tahu

1. Pilih Broker Bitcoin Resmi

Kamu harus mengetahui kalau aset kripto di Indonesia bukan sebagai mata uang yang sah. Namun, hanya sebuah komoditas yang bisa di perjual belikan pada bursa berjangka oleh broker yang sudah resmi terdaftar. Oleh karena itu seluruh traksaksi kripto di Indonesia di awasi oleh lembaga khusus yaitu Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau bisa kita singkat menjadi “Bappebti”

Tugas Bappebti salah satunya adalah pengawasan ke broker atau kalau pada kripto kita menyebutnya exchanger yang ada di Indonesia. Kamu sebagai calon investor harus tahu betul di mana uang kamu akan kamu taruh untuk berinvestasi. Pastikan broker atau exchanger bitcoin yang kamu pilih adalah exchanger terbaik yang ada di Indonesia.

Kamu bisa memilih broker kripto yang akan kamu gunakan untuk investasi bitcoin, berikut sudah admin asetbro buatkan daftar aplikasi bitcoin terbaik yang ada di Indonesia. Kamu bisa memilih aplikasi bitcoin mana yang masuk dan sesuai dengan investasi kamu.

2. Pakai Uang Dingin

tips investasi kripto yang kedua adalah Pastikan aset yang kamu gunakan untuk investasi kripto atau trading benar-benar dana yang dingin. Maksudnya uang dingin adalah dana yang tidak mempengaruhi kehidupan kamu jika suatu saat dana ini tidak ada, jadi ada baiknya kamu penuhi dulu kebutuhanmu dan siapkan dana darurat terlebih dahulu.

Walaupun jika aset kripto yang kamu pilih sedang naik tinggi, kamu tidak boleh gegabah dan bernafsu dalam berinvestasi. Karena dalam dunia investasi atau trading kripto hal yang tidak terbayangkan bisa terjadi, seperti harga koin yang bisa turun langsung tanpa kam sadari.

3. Lakukan Analisa Fundamental

Kamu perlu mempelajari analisa saham khususnya adalah analisa fundamental jika kamu ingin sukses dalam trading kripto. Jika kamu seorang yang sudah lama berkecimpung di pasar saham pasti sudah tidak asing lagi tentang analisa fundamental.

Dalam dunia kripto sendiri juga bisa kamu kenal mengenai analisa fundamental ini, namun teknik dari analisa fundamental saham dan kripto tentu berbeda. Kamu harus mempelajari analisa fundamental bitcoin agar kamu tidak terjebak.

Cara sederhana analisa fundamental untuk aset kripto adalah :

  • dengan mencari tahu project apa yang sedang berjalan dari koin yang kamu ingin beli
  • Lihat siapa founder dari koin tersebut, apakah kredibel atau tidak
  • Baca whitepaper nya
  • Coba kamu lihat teknologi dari koin yang kamu ingin beli
  • Faktor keunikan sebuah koin juga mempengaruhi harga dan bisa kamu jadikan dalam melakukan analisa fundamental

4. Padukan dengan Analisa Teknikal

Jika sudah melakukan analisa fundamental secara mendalam terhadap koin yang ingin kamu beli, selanjutnya adalah analisa teknikal. Analisa teknikal ini adalah dengan kita bisa menganalisa bagaimana pergerakan harga dari kripto.

Awalnya mungkin akan sedikit pusing karena akan ada chart yang bisa kamu lihat di mana-mana. Namun, mau tidak mau kamu harus menguasai analisa teknikal ini. Karena analisa ini adalah hal yang paling mendasar jika kamu ingin masuk ke dunia investasi khususnya saham dan kripto.

Asetbro sudah menulis tentang 4 situs chart dan aplikasi chart yang bisa kamu gunakan untuk melakukan analisa teknikal secara mendasar untuk investasi kripto yang sukses.

5. Jangan Panik

Sebelum masuk ke dunia aset kripto kamu perlu tahu bahwa harga dari aset yang ada di pasar kripto itu fluktiatifnya tinggi. apa itu fluktuatif tinggi? , jadi fluktuatif adalah sebuah keadaan turun dan naik

Harga di pasar kripto itu bisa sangat menguntungkan namun juga bisa sangat merugikan, kamu bisa membeli koin sekarang dan naik 10% dalam hitungan jam, tetapi kamu juga bisa mendapatkan kerugian dalam hitungan jam pula.

Jadi sangat wajar harga naik dan turunnya berbeda jauh di pasar kripto ini. Jika kamu emosi dan panik kamu akan mengalami kerugian yang sangat cepat, jadi kuasai emosi dan jangan panis. Serta pahami analisa suatu aset jika kamu tidak ingin menjadi orang yang panik dalam berinvestasi.

Cobalah untuk menjadi orang yang lebih sabar, jangan mengambil keputusan saat kamu sedang panik. Jika sudah melakukan analisa segala macamnya kamu masih tetap panik, kemungkinan itu ada 2 hal yang bisa kita pelajari :

  • Kamu tidak yakin dengan aset kripto yang kamu beli
  • Kamu tidak cocok untuk bermain investasi atau trading di aset kripto sebaiknya cari pilihan instrumen investasi lainnya yang sesuai dengan profil resiko kamu.

itu dia beberapa tips investasi kripto yang penting untuk kamu pertimbangkan jika kamu ingin masuk ke dunia pasar kripto. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan wawasan untuk kamu yang sedang bingung dan butuh tips investasi kripto yang aman.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *