analisa fundamental

Belajar Analisa Fundamental Saham Untuk Cuan Maksimal

Diposting pada

Analisa Fundamental Saham – Sebelum terjun ke dalam dunia investasi, sebaiknya kamu harus melakukan Analisa saham fundamental terlebih dahulu. Sebenarnya dalam Analisa saham, investor dapat melakukan Analisa melalui dua metode yaitu Analisa fundamental dan analisa teknikal. Tapi biasanya, investor yang ingin berinvestasi jangka Panjang akan lebih tertarik melakukan Analisa saham fundamental ini.

Pengertian Analisa Fundamental

Analisa saham fundamental merupakan Analisa yang biasa para calon investor lakukan untuk mendapatkan rasa aman, tenang dan keuntungan dalam jumlah banyak. Tapi sayangnya, banyak investor belum begitu memahami soal Analisa fundamental ini. Banyak yang akhirnya memilih jalan salah sehingga terjebak ke dalam jurang kerugian.

Jika kamu sudah lama berinvestasi, pasti kamu merasakan saat harga saham hancur di awal 2020 silam. Kejadian yang tidak pernah terbayangkan oleh siapapun. Hantaman virus covid 19 membuat pasar saham menjadi luluh lantah. Tidak hanya terjadi di Indonesia saja tapi hingga ke seluruh dunia. Dengan kondisi ekonomi yang bergejola ini, orang-orang lebih memilih meninggalkan dunia investasi dan menjual sahamnya.

Padahal di situasi yang seperti ini, banyak cara bisa kamu lakukan. Jika kamu sudah menjadi salah seorang investor saham atau baru saja ingin mencoba masuk ke dalam dunia investasi saham, kamu harus tahu bahwasanya saham masih menjadi instrument terbaik meski pernah jatuh ke jurang yang sangat dalam. Kamu bisa melakukan Analisa fundamental saham apabila tetap ingin mendapatkan keuntungan dari investasi ini.

Perlu diketahui, harga saham biasanya dipengaruhi oleh kinerja emiten atau perusahaan. Maka dari itu, sebelum melakukan investasi, sebaiknya kamu harus melakukan Analisa saham fundamental karena Analisa ini akan menggunakan laporan keuangan perusahaan dalam menilai atau mengevaluasi saham. Ada tiga hal yang harus kamu lihat pada saat berinvestasi saham dengan Analisa saham fundamental. 3 Hal Yang Harus Di Perhatikan Dalam Analisa Fundamental Saham

  • Kinerja Perusahaan : kamu perlu menilai bagaimana kinerja dari perusahaan atau emiten tersebut. Apakah memiliki kondisi keuangan yang bagus atau tidak.
  • Tetapkan Harga Wajar : Selain itu, kamu juga harus tetapkan harga wajar saham pada saat membeli saham atau menjualnya.
  • Mengevaluasi Saham : Ketiga, kamu harus rutin memonitor dan melakukan evaluasi saham setiap harinya untuk memastikan apakah saham tersebut masih layak untuk menginvestasikan uangmu atau tidak.

Selain melihat tiga hal di atas, kamu juga harus mengetahui jika dalam Analisa saham fundamental ini ada 10 hal yang harus kamu perhatikan, berikut penjabarannya

7 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Dalam Analisa Fundamental

7 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Dalam Analisa Fundamental

Memilih Perusahaan Yang Solid

Pertama, kamu harus memilih perusahaan yang solid dan bagus dengan melihat kondisi keuangan perusahaan tersebut. kamu juga harus memilih perusahaan yang memiliki prospek bagus di masa depan. Misalnya, saat memilih perusahaan, kamu harus pilih perusahaan yang masih bisa bertahan hingga 1000 tahun kedepan. Bagaimana cara menemukan perusahaan yang solid dan prospek bagus seperti ini? kamu harus melihatnya dari kinerja perusahaan di masa lalu. Apakah kinerjanya bagus atau tidak. Kamu juga harus mempelajari laporan keuangan perusahaan tersebut sebelumnya atau paling tidak 5 tahun yang lalu untuk menilai apakah performa perusahaan tersebut bagus atau tidak.

Acuan Harga Yang Wajar

Kemudian, untuk kamu yang ingin melakukan Analisa fundamental, jangan hanya memilih perusahaan atau emiten yang bagus saja tapi kamu juga harus membeli saham dengan harga yang wajar. Jika ingin membeli saham, harga acuan saham tentu menjadi pedoman kamu untuk membeli atau tidak. Jadi jangan pernah membeli saham karena ajakan orang lain. Sebab harga saham memiliki acuannya masing-masing.

Acuan harga penting supaya nanti ketika pasar goyang, kamu dapat memutuskan apakah akan terus membeli saham atau menjualnya. Apabila kamu memiliki acuan harga saham, Anda pasti akan lebih mudah dalam membuat keputusan tersebut. Tapi jika kamu tidak memilikinya, tentu kamu akan lebih mudah terpengaruh dan melakukan jual beli saham secara asal.

Margin Of Safety

Hal ketiga yang harus kamu lakukan apabila ingin menganalisa saham adalah menggunakan konsep MOS atau Margin Of Safety. Jadi disini kamu harus tahu jika konsep dari MOS ini simple tapi juara. kamu yang ingin membuat prediksi harus membuat buffer guna mengantisipasi kejadian yang tidak pasti di masa mendatang.

Baca Juga : Investasi Terpercaya Dengan Profit Harian

Membuat prediksi akan membantu kamu untuk memperkirakan apa yang terjadi di masa depan. Ada banyak factor yang mempengaruhi dan bahkan saling berhubungan.seperti di tahun ini terjadi pandemic, apakah kamu sudah bisa memprediksinya? Maka dari itu dibutuhkan MOS ini supaya kamu bisa memprediksi harga.

Menguasai Laporan Keuangan

Keempat, kamu harus menguasai laporan keuangan karena ini juga merupakan hal yang penting dalam Analisa saham fundamental. Bahkan dalam Analisa ini, laporan keuangan bisa dikatakan sebagai kitab sucinya. Jadi kamu yang ingin berinvestasi harus menguasainya dengan baik. kamu harus membacanya terlebih dahulu dan melakukan Analisa laporan keuangan pada perusahaan. Setiap perusahaan memiliki indikator berbeda-beda. Untuk mencari saham yang terbaik, Anda perlu menganalisa laporan keuangannya.

Selalu Membayar Deviden

Untuk kamu yang ingin mencari saham perusahaan yang bagus, kamu bisa melihatnya dari apakah perusahaan tersebut membayar deviden kepada para pemegang saham atau tidak. Deviden merupakan pembagian keuntungan kepada para pemegang saham yang dibayarkan secara tunai melalui RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham.

Deviden sangatlah penting sebab sebagai pemegang saham, tentu kamu akan senang saat menerima uang, bukan? Meski kebanyakan pemegang saham lebih tertarik menginvestasikan kembali profit tersebut untuk pertumbuhan perusahaan di masa depan yang lebih tinggilagi. Tidak hanya itu, yang tidak kalah penting dari pembayaran dividen adalah menjadi sebuah indicator bahwasanya perusahaan tersebut adalah perusahaan yang memiliki cash flow kuat.

Memiliki Sumber Informasi Yang Valid

Untuk kamu yang ingin melakukan analisis fundamental, kamu harus mendapatkan berbagai informasi mengenai saham, latar belakang perusahaan, kinerja keuangan emiten serta corporate action di dalamnya. Selain itu, kamu juga harus tahu jika banyak investor yang melakukan investasi berdasarkan kabar burung atau rumor yang beredar. Jadi kamu harus mendapatkan informasi mengenai saham yang valid supaya bisa kamu pertanggungjawabkan. Ada dua sumber yang bisa kamu  gunakan yaitu situs BEI dan situs perusahaan itu sendiri.

Keuntungan Jangka Panjang

Orang-orang yang melakukan Analisa saham fundamental sudah pasti mengharapkan keuntungan dalam jangka Panjang. Sebab dalam analisis fundamental yang dilakukan, focus investor adalah kinerja keuangan yang ada di dalam bisnis atau perusahaan karena ini akan berpengaruh terhadap harga saham. Salama kinerja perusahaan bagus, selama itu pula nilai saham tersebut bagus sebab harga saham merefleksikan kondisi yang terjadi di dalam sebuah perusahaan.

Jadi, untuk kamu yang ingin melakukan investasi saham dan mendapatkan untung dari kegiatan ini, kamu harus melakukan Analisa fundamental terlebih dahulu. Fundamental menggunakan kinerja perusahaan dan laporan keuangannya dalam menentukan harga yang wajar atau pantas pada saham tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *