DIGITAL MARKETING

Digital Marketing Maksud dan Contohnya

Diposting pada

Digital marketing adalah sebuah pekerjaan di tahun 2021 ini yang menjadi booming. Banyak dari masyarakat Indonesia khususnya kaum milenial yang ingin menjadi seorang digital marketing.

Maraknya bisnis online juga membuat banyak dari para pengusaha mencari seorang digital marketing untuk mempromosikan produk yang mereka jual.

Maka dari itu pada artikel kali ini asetbro akan mengupas tuntas segala hal yang berhubungan dengan dunia marketing.

Mulai dari yang paling awal tentang pengertian tentang apa itu digital marketing, cara menjadi seorang digital marketing, mengapa kamu harus menjadi seorang digital marketing dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital marketing.

Jadi mari simak artikel ini jika kamu memang ingin berminat menjadi seorang marketing di dunia internet yang handal.

Apa yang dimaksud dengan digital marketing?

Pengertian dari digital marketing adalah suatu kegiatan promosi, baik untuk mempromosikan sebuah brand, produk maupun jasa menggunakan media digital. Seperti Google, WhatsApp, website, instagram, facebook dan media digital lainnya.

Jadi maksud dari digital marketing ini kamu memasarkan produk barang atau jasa melalui media digital. Karena fakta yang mungkin kamu belum tahu, di dunia sekarang ada lebih dari 5 milyar orang yang menggunakan internet.

Dengan banyaknya pengguna internet di dunia, membuat para pengusaha atau penjual yang memasarkan produknya di internet. Banyak dari mereka yang menggunakan strategi promosi dengan begitu produk yang mereka tawarkan akan di kenal banyak orang.

Keuntungan dari strategi digital marketing

  • Target pasar yang luas karena pemasaran melalui internet, akan banyak yang melihat produkmu bahkan dari seluruh dunia.
  • Sudah lebih dari 70% pengguna internet yang suka mencari produk yang akan mereka beli.
  • Biaya promosi yang murah, karena kamu bisa memilih besaran uang yang akan kamu gunakan untuk promosi
  • Lebih cepatnya informasi tentang produk yang kamu miliki ke pembeli.
  • Kamu bisa lebih bebas mengatur iklan, karena kamu sendiri yang membuat strategi digital marketingnya.

Jika kamu seorang pemula yang masih belajar menekuni dunia digital marketing, mungkin kamu sekarang akan lebih tertarik lagi masuk ke dunia ini. mungkin menjadi seorang digital marketing adalah hal yang mudah. Namun, aktifitas digital marketing adalah aktifitas yang tidak bisa kamu lakukan dengan sembarangan dan asal.

Untuk menjadi seorang digital marketing handal yang kamu butuhkan adalah strategi yang bagus. Maka dari itu saya akan melanjutkan pembahasan mengenai bagaimana strategi yang bagus dalam dunia marketing digital.

Strategi menjadi digital marketing yang handal

bagi para pebisnis digital marketing bisa mendatangkan keuntungan dalam sekejap. Namun, jika kamu melakukan secara terburu-buru bisa saya pastikan hasil yang kamu dapatkan akan kurang maksimal.

Maka dari itu kamu membutuhkan beberapa strategi yang akan menuntunmu dalam dunia digital marketing. Berikut akan saya bahas tentang strategi belajar digital marketing yang anti gagal.

1. Tentukan target pasar

Target pasar adalah salah satu hal pertama yang wajib kamu ketahui jika kamu ingin memasarkan sebuah produk. Seorang digital marketing harus membuat kriteria dan menganalisa bahkan melakukan riset.

Dengan mengetahui data dari target pasar, kamu akan bisa membuat promosi dari produkmu lebih terarah dan nantinya akan banyak yang menggunakan produk atau jasa yang kamu miliki.

2. Sediakan kebutuhan pasar

Sebelum memutuskan untuk menjual suatu produk kamu perlu mengindentifikasi apakah produk yang akan kamu jual bisa bermanfaat ke kehidupan si pembeli produk.

Sebelum kamu benar-benar memasarkan produk daganganmu kamu perlu memikirkan apakan produk yang akan kamu jual berguna untuk masyarakat luas.

Lakukanlah riset pasar secara lebih dalam lagi untuk mengetahui strategi pemasaran yang seperti apa yang akan kamu gunakan disana.

3. Membuat dan Menyusun Marketing Plan

Setelah kamu mengetahui kebutuhan pasar dan target dari pasar produk yang ingin kamu promosikan. langkah untuk strategi dari digital marketing selanjutnya adalah menyusun marketing plan.

Marketing plan adalah sebuah rencana promosi yang akan kamu lakukan dalam beberapa waktu kedepan.

Fungsi dari marketing plan sendiri adalah agar promosi yang kamu lakukan bisa lebih efektif, mudah dan lebih terarah. Karena kamu tahu apa yang akan kamu kerjakan.

4. Pilih media yang tepat untuk promosi produkmu

Era sekarang ini sudah banyak media yang bisa kamu gunakan sebagai media untuk promosi. Sebagai contohnya sekarang aplikasi sosial media yang bisa kamu gunakan adalah Tiktok. Aplikasi TikTok ini sekarang banyak di pakai oleh orang Indonesia.

Atau kamu juga bisa memilih beberapa layanan aplikasi marketing lainnya untuk promosi produkmu. Banyak aplikasi baik yang gratis atau yang berbayar.

Daftar media digital yang bisa kamu gunakan untuk promosi :

  • Google Ads
  • WhatsApp Bisnis
  • Website
  • Instagram
  • Facebook
  • Twitter
  • Beragam media sosial lainnya.

5. Belajar Teknik Copywriting

Pengertian dari Copywriting adalah cara membuat materi pemasaran yang dapat meyakinkan audiens kamu untuk melakukan berbagai tindakan yang benar-benar kamu butuhkan, seperti membeli produk atau layanan, berlangganan buletin, atau meminta penjelasan dan sebagainya.

Teknik copywriting adalah salah satu strategi inti dalam dunia promosi digital. Karena dengan kata-kata seseorang bisa terpengaruh untuk melakukan sesuatu yang menguntungkanmu.

Seiring perkembangan copywriting sendiri tidak hanya berbentuk tulisan, namun sekarang bisa kamu buat dalam bentuk yang lebih bervariasi seperti video ataupun podcast.

itu dia beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk belajar digital marketing. Selanjutnya akan saya bahas mengenai contoh teknik promosi yang termasuk dalam digital marketing.

Contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing

1. Seo Website

Jika banyak orang yang mengetahui atau menemukan websitemu maka peluang klien untuk membeli produkmu akan semakin terbuka lebar.

kamu perlu belajar teknik seo untuk memaksimalkan website yang kamu punya, ada beberapa jenis SEO yang harus kamu pelajari.

Jenis-jenis SEO:

  • On page SEO adalah kegiatan yang fokus melakukan optimasi pada website yang kamu punya, seperti mengedit tampilan, membuat artikel yang menarik dan sebagainya.
  • Off page SEO adalah sebuah kegiatan optimasi sebuah website dari luar. Tujuan dari melakukan teknik seo marketing ini adalah agar website kamu memiliki kredibilitas yang tinggi.
  • Technical SEO adalah kegiatan mengoptimasi website agar performa yang website kamu miliki menjadi lebih keren lagi.

2. Facebook Ads

Membuat iklan di facebook adalah salah satu contoh dari teknik marketing yang bagus, facebook sendiri memiliki banyak pengguna. Di tahun 2021 mungkin pengguna facebook ada lebih dari satu milyar orang.

Dengan banyaknya pengguna facebook, produk yang kamu promosikan pasti akan banyak di lihat oleh orang banyak. Tidak hanya dari Indonesia, bahkan bisa dari negara luar.

3. Beriklan di Google Ads

Kalau tadi sudah saya sebutkan beriklan di facebook sekarang ada media yang lebih besar lagi yaitu google. kamu tidak salah dengar, kamu bisa beriklan di google dengan menggunakan fitur google ads yang google sediakan.

Dengan menentukan budget iklan maka nanti akan muncul pada pencarian google website kamu yang kamu promosikan.

beriklan di google ini sangat efektif karena presentase kamu bisa mendapatkan pembeli lebih besar. Jika kamu sudah beriklan menggunakan google ads kamu sudah melakukan salah satu contoh digital marketing.

4. Promosi di media cetak

Koran dan majalah merupakan media cetak yang saat ini masih di gunakan oleh banyak orang di Indonesia. Walaupun penggunanya setiap tahun berkurang, namun media cetak memiliki pelanggan yang setia.

Jadi kamu bisa mendapatkan pembeli yang benar-benar mengerti produk yang kamu promosikan, karena orang sekarang yang membaca media cetak seperti koran dan majalah bukan orang yang sembarangan.

Jadi untuk saat ini media cetak masih bisa kamu gunakan sebagai contoh untuk digital marketingmu.

Itu dia beberapa hal yang bisa saya bahas mengenai digital marketing, kedepannya saya akan menulis lebih rinci lagi tentang ini dan hal-hal yang masih berhubungan dengan ini.

Jika kamu masih ada yang ingin kamu tanyakan seputar promosi melalui media ini, kamu bisa memberikan pertanyaan, kritik dan saran pada kolom komentar yang sudah saya sediakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *