10 Aplikasi Saham Untuk Investasi, Berikut Listnya

Diposting pada

Daftar Aplikasi Saham Untuk Investasi – Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang saat ini banyak diburu oleh investor. Segala macam investor dari yang memang memiliki kekuatan finansial yang sangat baik sampai dengan investor pemula. Investasi saham sebenarnya menguntungkan bagi kedua belah pihak baik investor maupun perusahaan penerima investasi asal diselenggarakan secara jelas.

Pemilik dana dapat memberikan uangnya kepada perusahaan yang membutuhkan sehingga mereka mampu mengembangkan berbagai produk untuk menarik minat pembeli. Sedangkan para pemilik perusahaan tentu harus membuat perencanaan yang matang untuk dapat menggaet lebih banyak investor lagi.

Tipe investor pun juga beragam. Investor kelas kakap yang memiliki keuangan stabil akan lebih memilih untuk berinvestasi saham dengan jangka panjang. Akan tetapi bagaimana dengan anak muda atau orang yang memiliki modal pas-pasan dan tetap ingin berinvestasi di saham? Biasanya mereka akan lebih memilih menjadi investor saham jangka pendek.

Caranya adalah dengan membeli jenis saham tertentu saat nilainya rendah dan menjual kembali saat nilainya tinggi. Selisih harga jual dan beli tersebut menjadi suatu keuntungan dari seorang investor pemula dan dalam skala kecil. Inilah yang disebut dengan capital gain dalam dunia investasi saham.

List Aplikasi Saham yang Ada di Indonesia

Sekarang, perdagangan saham sudah tidak lagi dilakukan secara konvensional dengan membeli lot saham secara fisik. Akan tetapi dengan zaman serba digital, maka pembelian saham juga dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi khusus trading saham. Ada yang merupakan milik perusahaan swasta dan juga milik perusahaan BUMN. Beberapa list aplikasi trading yang banyak digunakan oleh para investor adalah:

1. Aplikasi Saham Stockbit

Aplikasi Saham Stockbit

Awalnya aplikasi ini merupakan aplikasi belajar saham utamanya untuk pemula. Di forum online Anda bisa belajar bersama dan mengetahui trik-trik dasar dalam investasi saham secara online. Dibawah naungan PT Sinarmas sekuritas, aplikasi ini sangat digandrungi oleh para pemula dalam dunia saham.

Berbagai analisis dan juga informasi yang disajikan akan sangat berguna karena saham sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dan politik suatu perusahaan. Informasi dari berbagai kalangan baik yang mahir maupun pemula di bidang saham juga ada disini sehingga dapat menjadi referensi Anda untuk membeli saham.

2. Aplikasi Saham MOST Mandiri

aplikasi saham most mobile mandiri sekuritas

Aplikasi ini dimiliki oleh PT Mandiri Sekuritas yang merupakan bagian dari bank BUMN yang ada di Indonesia. MOST adalah kepanjangan dari Mandiri Online Stock Trading. Anda juga harus terdaftar sebagai nasabah di Mandiri Sekuritas untuk bisa trading saham. Aplikasinya memiliki tampilan yang ramah dan mudah digunakan untuk Anda yang pemula dalam bidang saham.

Meski begitu, biaya untuk jual beli saham di aplikasi ini cukup mahal seperti minimal pembukaan awal rekening yakni sebesar Rp. 5 juta dan untuk mendapatkan full service harus memiliki uang minimal Rp. 100 juta. Selain itu fee jual beli sahamnya juga cukup tinggi yaitu di angka 0,28% untuk fee beli dan 0,18% untuk fee jual.

3. BIONS BNI

aplikasi saham bions mobile

Ada lagi aplikasi perdagangan saham yang juga berasal dari bank BUMN yaitu BIONS yang merupakan produk dari BNI Sekuritas. Aplikasinya sangat user friendly dan mudah digunakan sehingga sangat ringan untuk Anda bisa trading dari ponsel. Selain itu fitur menarik lainnya adalah Anda bisa menggunakan mode trial untuk mencoba menggunakan uang dalam transaksi saham. Sehingga Anda dapat mahir menguasai aplikasi, barulah mencoba untuk trading dan investasi yang sebenarnya.

Setoran minimalnya lebih murah daripada Mandiri yaitu hanya Rp. 1 juta. Akan tetapi memang ada aplikasi lainnya yang bahkan tanpa perlu menyetorkan deposit. Sedangkan fee jual dan fee belinya adalah di angka 0,17% dan 0,29%.

4. IPOT

apk saham ipot

Merupakan aplikasi milik PT Indopremier dengan keunggulan bisa membuka akun tanpa minimum deposit. Jadi aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang sangat ramah untuk investor kecil dan pemula. Sebagai pionir dalam bidang aplikasi trading saham, IPOT memiliki tampilan yang sangat baik dan juga berpengalaman dalam menangani nasabah sekuritas.

Beberapa keunggulan IPOT selain tanpa minimum deposit diantaranya ada customer service yang siap membantu Anda yang kesulitan beroperasi selama jam kerja. Lalu bisa mendaftar akun secara online, terintegrasi dengan reksadana, dan menawarkan berbagai fitur menarik untuk trading.

5. BCAS Best Mobile

bca best mobile sekuritas

BCA mengeluarkan aplikasi trading saham yang memungkinkan untuk langsung bertransaksi di bursa efek Indonesia (BEI). Fitur quick ordernya membuat kamu bisa mengorder dan menyelesaikan transaksi saham dengan sangat cepat. Setoran minimum yang diperlukan adalah Rp. 3 juta dan fee beli 0,18% sedangkan fee jualnya yaitu 0,28%.

6. Mirae HOST

miraee hots

Merupakan salah satu aplikasi saham terbaik yang ada di Indonesia. Frekuensi transaksinya juga cukup tinggi di BEI. Nasabah Mirae memiliki 4 pilihan bank untuk membuat aplikasi sehingga mempermudah apabila ingin mentransfer uang mereka. Fee jual dan fee belinya juga termasuk yang paling rendah di Indonesia meski deposit awal yang diperlukan cukup tinggi yakni sekitar Rp. 10 juta.

7. MNC Sekuritas

mnc trade new

Merupakan anak usaha dari MNC Group bernaung di bawah PT MNC Sekuritas. Aplikasi sahamnya juga cukup populer dengan deposit awal yang sangat minim yakni hanya Rp. 100.000. Fitur yang ditawarkan juga relatif beragam seperti GTC, order, break order, dan yang lainnya. Fee jualnya sebesar 0,28% dan fee belinya adalah sekitar 0,18%.

8. PT Sinarmas Sekuritas

sinarmas aplikasi

Aplikasi investasi saham ini berbeda dengan stockbit yang telah dijelaskan tadi meski masih merupakan anak perusahaan dari PT Sinarmas. Disini terdapat 3 pilihan bank untuk transaksi yaitu Bank Sinarmas, Bank BCA, dan Bank Niaga. Minimum deposit yang dibutuhkan adalah Rp. 500.000. Fee belinya 0,15% dan jualnya 0,25%. Meski desain dan tampilan aplikasi dinilai agak kurang friendly, akan tetapi pilihan trading saham dengan seinarmas sekuritas juga menjadi alternatif pilihan bagi sebagaian orang.

9. POEM Philips

poems id indonesia

Aplikasi besutan PT Phillip Sekuritas ini melayani trading saham dan juga reksadana secara online. Banyak bank yang tergabung dalam perusahaan sekuritas ini sehingga Anda memiliki berbagai macam pilihan. Deposit yang diperlukan adalah Rp. 500.000.

10. CIMB

cimb trading saham

CIMB memiliki tim riset yang baik untuk investor ritel. Mereka menyediakan berbagai informasi saham ritel dari berbagai kajian dan analisis yang sangat menyeluruh. Sehingga nasabah juga dapat memikirkan dan memilih berinvestasi dengan lebih akurat. Minimum deposit yang diperlukan adalah Rp. 1 juta dengan fee jual dan beli di kisaran 0,18% dan 0,28%.

Cara Mendaftar di Sekuiritas Saham

Setelah kamu mengetahui aplikasi saham terbaik yang sudah saya tuliskan di atas, berikut akan saya menuliskan tentang bagaimana cara mendaftarkan diri, dan membuat akun rekening untuk kita gunakan melakukan transaksi jual beli saham. Pada dasarnya untuk mendaftarkan diri dan membuat rekening RDN di salah satu aplikasi saham diatas semuanya hampir sama syaratnya, hanya saja ada beberapa syarat yang mungkin berbeda, seperti jumlah uang yang digunakan untuk melakukan transaksi pertama.

  1. Siapkan Data diri =KTP, NPWP, Rekening Tabungan
  2. Kunjungi sekuritas pilihan kamu, kamu bisa melakukan pendaftaran sekuritas secara offline disana. Namun, sekarang kamu juga sudah bisa melakukan pendaftaran secara online, karena beberapa sekuritas sudah bisa melakukan pendaftaran secara online.
  3. Siapkan dana untuk melakukan deposit pertama kali, beberapa sekuritas memiliki kebijakan masing-masing untuk masalah ini.
  4. Setelah itu lakukan pendaftaran
  5. Tunggu sampai Rekening Dana Nasabahmu jadi, biasanya kamu perlu menunggu selama kurang lebih 24 jam, dan kamu sudah bisa melakukan transaksi jual beli saham.

Itulah beberapa ulasan tentang aplikasi saham terbaik untuk pemula. Jangan takut untuk berinvestasi karena hal ini sangat penting untuk masa depan Anda. Jika Anda merasa belum siap untuk investasi saham, maka Anda dapat berinvestasi di bidang yang lainnya. Perhatikan dahulu tujuan Anda mengambil investasi lalu tentukan investasi yang kiranya cocok untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *