asset turnover ratio

Asset Turnover Ratio: Pengertian dan Rumus Menghitungnya

Diposting pada

Apa Itu Asset Turnover Ratio

Dalam akuntansi keuangan bisnis, Kamu pasti tidak asing dengan istilah perputaran total aset atau dalam dunia internasional istliah ini bisa kita sebut dengan “asset turnover ratio”.

asset turnover ratio atau perputaran total aset adalah persentase aktivitas yang berguna untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan penjualan berdasarkan jumlah aset yang perusahaan miliki.

Perhitungan ini bisa kamu lakukan dengan membandingkan penjualan bersih dengan rata-rata total aset. Dapat juga saya jelaskan bahwa semakin cepat perputaran aset perusahaan maka semakin tinggi pendapatan perusahaan.

Perputaran Total Aset menunjukkan seberapa efisien perusahaan menggunakan aset yang mereka peroleh untuk menghasilkan penjualan yang berkelanjutan.

Rumus Cara Menghitung Asset Turnover Ratio

Selain mengetahui cara menghitung keuntungan perusahaan dari penjualan suatu produk (barang atau jasa), Kamu juga perlu menghitung perputaran aset. Perhitungan perputaran aset yang benar ini akan membantu kamu mengetahui seberapa baik perusahaan Anda dapat menggunakan aset atau keuntungan yang perusahaan dapatkan untuk mengembangkan bisnis kamu dan memulihkan keuntungan.

Berikut ini adalah “Rumus Perputaran Total Aset”

Asset Turnover Ratio = Total Penjualan / ({Aset awal + Aset Akhir)/2}

Total penjualan adalah total penjualan atau pendapatan yang tercatat dalam tahun buku.

Aset awal adalah total aset perusahaan yang tercatat pada awal atau awal tahun.

Aset Akhir adalah total aset perusahaan yang tercatat pada akhir tahun.

Perputaran aset menggunakan nilai aset perusahaan sebagai penyebut rumus. Untuk menentukan nilai aset perusahaan, Anda harus terlebih dahulu menghitung nilai aset rata-rata untuk tahun tersebut.

  • Temukan nilai aset perusahaan di neraca pada awal tahun.
  • Temukan saldo akhir tahun atau nilai aset perusahaan Anda.
  • Tambahkan nilai aset awal ke nilai akhir dan bagi totalnya dengan 2 untuk mendapatkan nilai aset rata-rata untuk tahun tersebut.
  • Temukan total penjualan Anda (yang mungkin muncul sebagai pendapatan) di laporan laba rugi Anda.
  • Bagilah total penjualan atau pendapatan dengan nilai aset rata-rata untuk tahun tersebut.

Kenapa Perusahaan Harus Menghitung Asset Turnover Ratio

Perputaran Total Aset ini yang menentukan keberhasilan bisnis kamu. Ini karena menghitung perputaran aset menunjukkan bagaimana perusahaan dapat menggunakan asetnya untuk menghasilkan uang tanpa henti. Hal ini secara bertahap akan meningkatkan keuntungan perusahaan dan akan terus tumbuh.

Jika bisnis kamu dapat menghasilkan pendapatan yang terus meningkat, Kamu cenderung tidak mendapatkan pinjaman ekuitas bisnis kepada pihak ketiga. Perputaran total aset ini sangat penting bagi perusahaan untuk mengukur efektivitas bisnis mereka dalam menghasilkan penjualan dari investasi pabrik, baik untuk urusan operasional maupun karakteristik pendukung lainnya.

Itulah pembahasan mengenai  pengertian dan rumus Asset Turnover Ratio atau Perputaran Total Aset pada perusahaan. Semoga artikel ini memberikan sedikit gambaran untuk kamu, dan memberikan pengetahuan lebih mengenai bagaimana cara menghitung serta pengertiannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *