cara membuat laporan keuangan sederhana

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Serta Contohnya

Diposting pada

Laporan Keuangan adalah sebuah catatan dari kegiatan keuangan perusahaan atau pribadi. Rencana ini biasanaya memberikan pengetahuan mengenai keuangan yang di gunakan oleh perusahaan.

Cara membuat laporan keuangan untuk bisnis yang kecil biasanya di mulai dari kamu membuat pembukuan catatan harian mengenai aktivitas keuangan usahamu. karena pada saat kamu membuat pembukuan kamu bisa mencatat dan mengatur data, dengan begitu kamu bisa membuat laporan keuangan yang sederhana dan mudah.

Dengan membuat laporan keuangan kamu juga bisa dengan mudah mendapatkan investor atau pinjaman bank karena mereka bisa melihat dana dari usahamu di gunakan kemana saja.

Cara Membuat Laporan Keuangan Yang Sederhana dan Mudah

Berikut cara untuk membantumu dalam membuat laporan keuangan yang baik dan benar serta mudah dipahami :

Buat buku Catatan Aktivitas Keuangan

Catat semua aktivitas pemasukan dan pengeluaran dari usahamu. Biasanya untuk dana pemasukan ini didapat dari hasil pendapatan penjualan perusahaan. Kamu harus mencatat agar tidak melewatkan sesuatu masalah di kedepannya.

Karena banyak dari usaha yang gagal karena mereka tidak mencatat pengeluarannya, sehingga mereka tidak sadar modal yang sudah di keluarkan terlalu banyak dan tidak sebanding dengan keuntungan yang didapatkan.

Karena sekarang sudah zaman teknologi kamu bisa membuat laporan keuangan di microsoft excel, namun selain membuat laporan keuangan di komputer kamu juga perlu memiliki catatan dalam buku tertulis. Fungsinya agar jika data yang ada di komputer menghilang kamu masih memiliki data berbentuk fisik.

Selain mencatat pemasukan dan pengeluaran, kamu juga perlu mencatat rencana pembelian apa saja yang ingin kamu lakukan. Dengan begini kamu bisa mengetahui berapa jumlah totoal biaya yang akan di keluarkan.

Tujuan dari Pembuatan Laporan Keuangan

Bagi Pemilik usaha laporan keuangan sendiri memberikan informasi yang sangat penting contohnya ada operasional, posisi keuangan serta arus kas. Dengan mengetahui informasi ini perusahaan bisa membuat keputusan keuangan yang lebih bijak.

Berikut beberapa kegunaan dari laporan keuangan :

  • Keputusan Kredit : dengan melihat informasi yang ada di laporan keuangan, pemberi pinjaman akan bisa memutuskan apakah dia bisa memberikan kredit ke usaha yang kamu punya atau malah membatasi kredit yang mereka berikan
  • Keputusan Investor : sama halnya dengan pemberi kredit, jika kamu ingin mendapatkan dana yang lebih dari investor kamu harus memberikan laporan keuangan dari usaha yang kamu miliki, baik itu laporan keuangan usaha kecil atau usahamu sudah besar. Dengan melihat laporannya para investor bisa mempertimbangkan dana yang akan mereka investasikan.
  • Pajak : Sebagia pemilik usaha yang baik tentunya kamu akan taat membayar pajak, dengan mencatat laporan keuangan, kamu bisa menghitung total pajak yang kamu keluarkan.

Beberapa hal di atas merupakan beberapa contoh yang bisa di gunakan apabila usaha yang kamu punya membuat laporan keuangan.

Contoh Laporan Keuangan sederhana

1. Laporan Keuangan Neraca

Contoh laporan keuangan sederhana yang akan di beritahukan pertama adalah neraca, laporan keuangan neraca ini bisa membuat kamu mengetahui total kekayaan milik perusahaan. Tidak hanya total harta tapi di sini kamu juga bisa mengetahui total hutang yang sedang di tanggung oleh perusahaan.

Gampangnya adalah di dalam laporan ini harus ada informasi mengenai harta dan hutang yang dimiliki perusahaan serta jumlah totalnya. Untuk laporannya sendiri untuk pengeluaran dan pemasukan datanya harus sama nilainya.laporan keuangan neraca

2. Laporan Laba Rugi Keuangan

Dari namanya mungkin agak terkesan negatif, namun laporan ini aslinya adalah untuk mengetahui total keuntungan yang di dapat oleh perusahaan. selain keuntungan di laporan keuangan laba rugi ini juga memiliki informasi tentang kerugian dari usahamu.

Biasanya laporan laba rugi ini di buat dalam periode tertentu setiap bulan atau pada periode yang sudah di tentukan.

laporan keuangan laba rugi

3. Contoh Laporan Arus Kas Keuangan

Selanjutnya setelah ada laba rugi, selanjutnya yang kamu buat adalah laporan arus kas. Sesuai dengan namanya dengan membuat laporan ini, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai arus kas baik yang masuk maupun kas yang keluar.

Berikut contoh laporan sederhana arus kas yang bisa kamu gunakan sebagai referensimu.

laporan arus kas sederhana

4. Laporan Sederhana Perubahan Modal Keuangan

Untuk yang terakhir ada laporan perubahan modal, di dalam laporan ini terdapat informasi yang di buat untuk dapat menjabarkan perubahan keuangan yang terjadi di dalam perusahaan. Dengan membuat laporan ini maka aktivitas keuangan dari perusahaan dapat terlihat perubahan modalnya.

Contoh simple laporan keuangan perubahan modal

laporan perubahan modal

Itu dia informasi yang bisa saya sampaikan mengenai laporan keuangan, dari penjabaran ini pembuatan laporan keuangan bagi sebuah perusahaan sangat penting. Baik perusahaanmu besar atau perusahaan skala kecil.

Kamu bisa membuat laporan keuangan dengan menjadikan contoh di atas sebagai referensi untuk kamu. Setiap perusahaan mungkin punya contoh format laporan keuangan yang berbeda, namun untuk konsepnya kurang lebih sama seperti yang sudah di jabarkan pada artikel ini.

Bonus :

Untuk kamu yang sibuk dalam membuat laporan keuangan, berikut file excel yang berisi contoh laporan keuangan = Download Contoh Laporan Keuangan Excel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *