panduan cara menjadi copywriter untuk pemula

Panduan Belajar Cara Menjadi Copywriter untuk Pemula

Diposting pada

Menjadi Copywriter mungkin sudah tidak terlalu asing di dunia kerja. Kamu dapat menemukan istilah demikian pada berbagai platrform online yang membuka lowongan kerja. Hal tesebut tidak terlepas dari fakta bahwa saat ini seorang copywriter atau skill copywriting sangat dibutuhkan oleh perusahaan maupun industri, khususnya industri yang bergerak pada bidang digital.

Jika Kamu masih awam dengan copywriter beberapa dari Kamu mungkin akan bertanya-tanya, apa itu sebenarnya copywriter?, bagaimana cara menjadi copywriter pemula, apa saja tugas-tugasnya?

Tenang saja karena Kamu telah berkunjung ke tempat yang tepat. Sebab, pada artikel ini asetbro akan membahas secara tuntas hal-hal tentang copywriting. Oleh karena itu, simaklah beberapa pembahasan berikut.

Pengertian Copywriter

Copywriter merupakan sebuah profesi yang tujuanya adalah membuat teks untuk mempromosikan ataupun memasarkan produk dan jasa milik klien/perusahaan tertentu.

Beda halnya dengan copywriting, di mana kata tersebut bukanlah berarti profesi. Dalam hal ini skill copywriting adalah kemampuan dari seorang copywriter untuk menghasilkan copy atau konten dengan tujuan promosi atau pemasaran, bahasa kerennya adalah digital marketing.

Nah, agar dapat lebih membuat kamu paham, mungkin Kamu perlu melihat beberapa contoh copywriting terlebih dahulu. Contoh copywriting adalah sebagai berikut :

1.Contoh Copywriting Promosi Produk

Makanan yang praktis ini bisa kamu konsumsi setiap hari loh. Bisa digoreng, dikukus, maupun diolah sesuai dengan selera kalian. Fish cake ini terbuat dari ikan segar berkualitas yang pastinya enak dan bergizi tinggi.

2. Contoh Copywriting Promo Diskon

Wow! Semarang night sale akan kembali hadir di kota kesayangan. Nantikan diskon super besar hingga 90% hanya berlaku 2 hari saja, tanggal 29-30 September. Catat tanggalnya baik-baik ya, jangan sampai terlewatkan. Happy shopping.

Untuk pembahasan lebih lengkap tentang copywriting kamu bisa mengunjugi artikel yang sudah saya tulis secara lengkap mengenai copywriting ini silahkan kunjungi artikel ini : Yuk Belajar Copywriting, Ada Tipsnya Juga Biar Iklanmu Efektif

Prospek Kerja Copywriter Indonesia

Belakangan ini pekerjaan sebagai copywriter menjadi cukup populer dan marak diperbincangkan. Pasalnya, perkembangan bisnis kini tak lagi bersifat konvensional karena teknologi yang berkembang dengan pesat.

Copywriter saat ini menjadi dengan cakupan pekerjaan yang luas. Hal ini karena perusahaan sudah mulai menyadari betapa pentingnya representasi mereka pada berbagai media, khusunya media online.

Tak hanya untuk kepentingan perusahaan, Kamu dapat memanfaatkan skill copywriting untuk keuntungan pribadi. Misalnya, Kamu dapat membuat copywriting bisnis online untuk bisnis online yang Kamu miliki, sehingga pejualan produk Kamu meningkat pesat.

Selain itu, dari gaji yang perusahaan tawarkan untuk seorang copywriter juga tidak kalah menjanjikan. Gaji copywriter pemula bisa saya perkirakan mencapai 4 juta rupiah perbulannya. Sedangkan untuk seorang copywriter senior bisa mencapai 6 juta rupiah perbulannya atau lebih.

Selain bekerja untuk perusahaan Kamu juga dapat menjadi freelance copywriter. Adapun rata-rata gaji freelance copywriter Indonesia umumnya adalah 3 juta rupiah.

Tugas Tugas Copywriter

Meskipun hanya membuat tulisan, faktanya menjadi copywriter bukanlah hal yang mudah. Seorang copywriter setidaknya harus bisa membuat konten yang kreatif dan persuasif. Selain itu, copywriter juga diharapkan bisa melakukan beberapa tugas sebagai berikut :

1. Membangun Traffic Website

Kebanyakan dari perusahaan akan menggunakan website sebagai media promosi produk atau jasa yang dimiliki. Dalam hal ini, tugas copywriter adalah membangun traffic website berdasarkan konten yang dibuat.

2. Dapat menyesuaikan diri

Contoh copywriter yang baik adalah meraka yang dapat menyesuaikan dirinya dengan identitas yang dipresentasikan. Semisal saja target pembeli dari produk yang dipromosikan adalah remaja, maka Kamu perlu memposisikan diri sebagai remaja. Penyesuaian tersebut dapat berupa gaya bahasa, di mana remaja umumnya menyukai konten yang kasual dan kreatif.

3. Memahami Krakteristik Media Sosial

Apabila Kamu ingin menjadi seorang copywriter tugas yang harus kamu lakukan berikutnya adalah memahami karakteristik media sosial. Sebagai contoh, twitter dan instagram memiliki ketentuan yang berbeda dari jumlah karakter yang bisa diposting.

Cara Menjadi Copywriter

Seseorang yang ingin menjadi copywriter sebenarnya tidak memerlukan jurusan kuliah tertentu. Akan tetapi, jika ditanya mengenai jurusan copywriter, maka umumnya jurusan Ilmu Komunikasi, Advertising, Marketing Communication, dan Sastra Indonesia adalah yang paling sering dijumpai sebagai copywriter.

Meskipun demikian, Kamu yang tidak kuliah di jurusan tersebut juga bisa belajar menjadi copywriter dari nol. Hal yang Kamu perlukan adalah mempelajari dasar-dasar dari copywriting, kemudian melatihnya dengan praktik secara langsung dan konsisten.

Apabila Kamu ingin belajar menjadi copywriter maka ada baiknya Kamu menyimak beberapa cara dan tips berikut ini :

1. Perbanyak Membaca

Membaca adalah salah satu cara belajar yang paling mudah. Apabila Kamu ingin belajar menjadi seorang copywritter, Kamu dapat mempelajarinya dari beberapa buku yang ditulis khusus untuk meningkatkan skill seorang copywriter.

2. Pelajari Iklan

Iklan bertujuan untuk mempromosikan suatu produk dan jasa, sehingga iklan tentu dibuat menggunakan skill copywriting. Apabila Kamu sering melihat iklan, maka Kamu secara tidak langsung akan terbiasa dengan strukturnya dan pada akhirnya juga bisa mempraktikannya.

3. Berlatih Menulis

Tips belajar copywriter berikutnya adalah dengan menulis. Semakin banyak Kamu mencoba untuk menuangkan ide dan menulisnya, maka kemampuan Kamu lambat laun akan meningkat.

4. Buat Swipe File

Swipe file adalah kumpulan copy yang menurut Kamu menarik dan menjual. Kamu bisa mengumpulkannya, mempelajari, bahkan menirunya untuk meningkatkan skill Kamu.

5. Pelajari Dasar Menulis Persuasif

Tujuan dari copywriting tidak lain adalah membujuk audiens untuk membeli produk dan jasa yang ditawarkan. Sehingga, untuk dapat menjadi seorang copywriter Kamu perlu memahami dasar-dasar penulisan persuasif

6. Pelajari Kemampuan Dasar Copywriting

Hal yang tak kalah penting tentunya adalah memppelajari skill dasar dari copywriting itu sendiri. Kamu dapat mempelajari cara menulis landing page, headline, proposisi nilai, email marketing, dan lain-lain.

Strategi Menjadi Copywriter Indonesia

Setelah Kamu belajar menjadi seorang copywriter, tentu Kamu perlu mnegetahui strategi apa saja yang bisa dilakukan untuk menjual jasa yang Kamu miliki. Oleh sebab itu, simaklah poin-poin penting berikut :

1. Bangun Portofio Kamu

Ketika Kamu ingin menjadi copywriter, mungkin Kamu akan kesulitan menemukan klien pertama Kamu. Hal tersebut wajar, karena bagaimanapun orang akan sulit membayar jasa yang belum berpengalaman.

Dalam hal ini, protofolio copywriter memegang peranan yang penting. Kamu dapat mencoba menawarkan jasa copywriting dengan biaya gratis terlebih dahulu. Dengan demikian Kamu dapat membangun portofolio untuk bekal selanjutnya.

2. Menjadi Copywriter Baru

Setelah memiliki portofolio yang cukup, Kamu bisa mulai menawarkan jasa kamu dengan biaya tertentu. Namun, saat ini Kamu masih belum memiliki banyak koneksi. Sehingga Kamu mungkin dapat menawarkan jasa yang murah. Misalnya, Kamu dapat menjadi copywriter gaji 25.000 an per tulisannya.

3. Menjadi Copywriter Profesional

Setelah memiliki banyak koneksi Kamu bisa menaikkan biaya jasa yang Kamu tawarkan. Bahkan Kamu bisa menjadi copywriter gaji 4-6 jutaan per bulannya, seperti rata-rata gaji untuk profesi tersebut.

Demikianlah pembasahan mengenai profesi copywriter. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Kamu yang ingin menjadi seorang copywriter. Jika kamu merasa artikel ini berguna, kamu bisa membagikan artikel ini agar bisa lebih bermanfaat untuk orang banyak.

Dan jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar tentang bagaimana cara menjadi copywriter, silahkan kamu tulis pertanyaanmu sebanyak banyaknya di kolom komentar yang ada di bawah artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *