Yuk Belajar Copywriting, Ada Tipsnya Juga Biar Iklanmu Efektif

Yuk Belajar Copywriting, Ada Tipsnya Juga Biar Iklanmu Efektif

Diposting pada

Copywriting adalah sebuah bagian dari teknik digital marketing yang sekarang ini banyak di cari oleh banyak orang. Apalagi jika kamu adalah seorang pengusaha yang memasarkan produkmu di media sosial kamu sangat membutuhkan teknik ini.

Mempelajari kemampuan copywriting sangat berguna untuk memasarkan produk yang kamu punya. Karena copywriting ini adalah hal pertama yang calon pembeli produk yang kamu jual.

Maka dari itu untuk kamu yang ingin mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan copywriting? , Jenis dari Copywriting, serta bagaimana cara untuk membuat copywriting yang efektif untuk memikat pembeli. Kamu datang ke artikel yang tepat karena blog asetbro sekarang akan membahas mengenai Pengertian dan Cara Membuat Copywriting yang Efektif.

Apa yang dimaksud dengan copywriting?

Apa yang dimaksud dengan copywriting

Copywriting adalah sebuah kemampuan penulisan pesan untuk menggerakan orang, yang mana fungsi dari tulisan tersebut akan membuat pembacanya melakukan apa yang kamu tulis. Contoh gampangnya adalah dengan mengajak orang untuk membeli produk yang kamu pasarkan, untuk berlangganan, untuk menghubungi penjual untuk bertanya lebih jelas, dan masih banyak lagi.

Copywriting dahulu hanya bisa kita gunakan dalam banner iklan, baliho atau media tulis lainnya. Tapi sekarang di zaman digital ini, ada media baru yang bisa menjangkau orang-orang yang ada di seluruh belahan dunia.

Contoh dari media sosial seperti facebook, instagram, TikTok dan media sosial lainnya merupakan pasar yang sangat besar untuk memasarkan produk yang kamu punya. Banyak orang-orang yang sudah melihat peluang untuk memasarkan produknya di media sosial ini.

Karena besarnya persaingan dalam dunia pemasaran online, kamu wajib belajar mengenai teknik copywriting ini agar produkmu bisa di lirik orang dan produknya jadi laku terjual.

Selain tulisan, copywriting juga bisa kamu terapkan dalam berbagai hal. Misalnya adalah pada video, podcast dan lainnya.

Ada Apa Saja Jenis Copywriting Itu?

jenis copywriting

Pada bagian ini kita akan mengetahui ternyata kemampuan copywriting memiliki banyak jenisnya, berikut akan saya jabarkan mengenai apa saja jenis dari copywriting yang bisa kamu pelajari tekniknya.

Beberapa Jenis Copywriting Yang Sering Digunakan

  1. Direct Response Copywring
  2. Marketing Copywriting
  3. Brand Copywriting
  4. Seo Copywriting
  5. Technical Copywriting

1. Direct Response Copywriting

Direct Response Copywriting ialah jenis copywriting yang berguna untuk memperoleh respon langsung dari pembeli. Jenis copywriting ini bisa kamu pakai untuk mengajak orang untuk meng Klik, untuk berlangganan artikel, untuk membagikan konten dan sebagainya.

2. Marketing Copywriting

Marketing Copywriting adalah tulisan yang berfokus untuk menawarkan suatu barang / jasa, menawarkan solusi dari masalah yang di alami oleh konsumen dan manfaat kenapa harus menggunakan produk itu.

Tujuan dari Marketing Copywriting adalah untuk memberikan penjelasan secara lebih detail kepada konsumen agar mereka mengerti mengenai produk yang kamu jual.

Jenis Marketing Copywriting bisa kamu gunakan dalam artikel blog, dalam email dan home page website produk atau jasa yang kamu tawarkan.

3. Brand Copywriting

Brand copywriting ialah jenis tulisan yang berfokus untuk menyampaikan identitas dari brand atau merek yang kamu pasarkan. Jenis copywriting ini wajib memberitahu perbedaan dari produk yang kamu jual dengan produk lain yang sejenis.

Brand Copywriting bisa kamu pakai dalam slogan dari produkmu, namun secara umum jensi Brand Copywriting bisa kita temukan di halaman about us.

4. SEO Copywriting

SEO Copywriting adalah jenis tulisan yang berfokus untuk promosi namun juga bisa bersaing dalam mesin pencarian. Jenis tulisan ini bisa kamu tulis dengan gaya copywriting namun, juga harus memperhatikan persyaratan SEO.

Jenis copywriting ini bisa kamu letakkan pada halaman deskripsi produk, dalam landing page, juga dalam kategori produkmu.

5. Technical Copywriting

Technical Copywriting adalah Jenis tulisan yang berfokus untuk memberi tahu secara lebih detail tentang bagaimana cara kerja, atau produk yang kamu jual.

Jenis tulisan ini biasanya di tulis dalam produk yang menggunakan cara khusus untuk menggunakannya. Contoh Technical Copywriting adalah produk kencantikan, gadget, dan produk dalam dunia kesehatan.

Kenapa Kita Membutuhkan Copywriting?

Sebelum kamu mengetahui kenapa kita membutuhkan copywriting ada baiknya kamu harus mengetahui dulu perbedaan dari copywriting dengan gaya tulisan lainnya?

Kalau tulisan biasa yang kamu tulis dengan tanpa pengetahuan ilmu copywriting, maka para calon konsumen yang melihat produkmu, mereka tidak akan melakukan apa-apa karena gaya penulisanmu biasa.

Tetapi jika kamu menggunakan teknik copywriting untuk menjual produk, kamu akan mendapatkan respon dari pembeli. Setidaknya calon pembeli akan menanyakan mengenai hal-hal tentang produkmu.

Teknik copywriting juga bisa membuat iklan promosi yang kamu buat menjadi lebih efektif lagi, karena memang iklan sendiri adalah media untuk kita menerapkan teknik copywriting.

tanpa menggunakan teknik copywriting sendiri ada kemungkinan produk yang kamu tawarkan ke masyarat tidak akan masuk, trafik pengunjung yang melihat tokomu akan rendah, serta akan sedikit respon di media iklanmu.

Tips Membuat Copywriting yang Menarik dan Efektif

Tips Membuat Copywriting yang Menarik dan Efektif

Untuk menulis sebuah tulisan yang menjual sebenarnya terdengar gampang dan mudah, namun agar lebih efektif lagi kamu perlu menjalankan beberapa tips serta teknik yang akan saya tulis. Silahkan kamu baca agar kamu menjadi lebih suskes dalam copywriting ini.

1. Pelajari Produk atau Jasa Yang Kamu Berikan

Untuk mengetahui keunggulan, perbedaan, serta detail produk atau layanana jasa yang kamu tawarkan kamu perlu mengenal produk atau jasa yang kamu tawarkan dengan baik.

Setelah kamu mengetahui produk dan jasa yang kamu tawarkan, tulislah beberapa poin penting yang nantinya akan kamu gunakan untuk menulis detail produkmu lebih lengkap lagi.

Secara singkatnya untuk mempermudah kamu menulis tentang produkmu, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang produkmu :

  • Keunikan dari apa yang kamu tawarkan.
  • Keunggulan.
  • Manfaat yang akan konsumen dapatkan.

2. Pahami Apa Yang Dibutuhkan Konsumen

Untuk pembahasan ini secara singkatnya kita harus mengetahui apa yang calon pembeli kita butuhkan. Dengan mengetahui apa yang konsumen butuhkan produk yang kita jual akan lebih terarah.

Contoh gampang dari hal ini adalah ketika musim hujan, banyak produk yang konsumen butuhkan, dan ini peluang untuk kita jual seperti : jas hujan, coklat panas, teh manis hangat dan lain sebagainya.

3. Buat Headline Yang Menarik Perhatian

Headline atau bisa kita sebut dengan judul adalah kunci penting dalam copywriting, karena yang akan pertama calon konsumen lihat adalah ini. Banyak orang yang sebenarnya tidak terlalu suka membaca panjang-panjang sebuah artikel.

Namun jika mereka tertarik dengan judul bacaanya, secara psikologis mereka akan melanjutkan membaca suatu deskripsi produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Fakta menarik tentang headline adalah banyak dari konsumen yang hanya membaca judul tanpa melihat deskripsi produk. Jika kamu berhasil membuat judul yang menarik serta langsung memberikan pengetahuan singkat mengenai produkmu, hal ini akan sangat bagus untuk menarik pembeli.

Contoh beberapa kalimat headline yang menarik :

  • Beli 1 Gratis 2 …………..
  • Promo menarik, sisa 1 hari saja untuk mendapatkan potongan harga …………..
  • jangan lewatkan pembukaan toko kami karena akan ada …………..

Itu dia beberapa contoh headline yang menarik perhatian konsumen.

4. Gunakan Bahasa Yang Tepat

Pilihan bahasa juga mempengaruhi konsumen untuk mengetahui produk yang kamu pasarkan. Misalkan barang yang kamu jual memiliki target anak remaja. Gunakanlah bahasa yang gaul dan tidak usah terlalu resmi, daripada harus menggunakan bahasa yang baku.

Dengan begitu calon pembeli akan merasa lebih dekat dengan kamu. Gunakanlah gaya tulisan sesuai dengan target pembelimu. Pakai kalimat yang sederhana, jelaskan secara detail manfaat serta keuntungan yang akan mereka dapatkan jika menggunakan produkmu.

5. Akhiri Dengan Persuasif

persuasif adalah kalimat yang meyakinkan serta mengajak untuk melakukan hal yang kamu minta, untuk membeli, menulis, membagikan, berlangganan dan lainnya.

Hal ini sangat penting untuk kamu ketahui, apapun gaya penulisan yang kamu buat selalu akhiri tulisan kamu dengan teks kalimat persuasif.

Biasanya pada akhir tulisan untuk mengajak konsumen, kamu bisa menggunakan CTA ( Call to Action ). Pernahkan kamu melihat di web yang menjual produk untuk mendaftar atau melihat banner dan kamu harus mengklik banner tersebut. Itulah contoh dari CTA.

Namun, untuk melakukan itu buatlah seakan-akan yang untung tidak kamu saja, namun harus memberikan untung juga untuk mereka yang sudah melakukannya.

Penutup

Itulah penjelasan dari asetbro mengenai copywriting. Kesimpulannya copywriting adalah teknik penulisan materi untuk pemasaran yang bisa mengajak calon konsumen untuk melakukan tindakan yang kamu inginkan.

Saya sudah menjabarkan mengenai beberapa jenis dari copywriting itu sendiri. Untuk mendapatkan keuntungan yang besar menggunakan teknik copywriting ini saya sudah menjabarkannya mengenai Tips Membuat Copywriting yang Menarik dan Efektif.

Jika masih ada pertanyaan seputar copywriting kamu bisa menuliskan pertanyaannya melalui kolom komentar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *