ide bisnis dan usaha untuk mahasiswa

10 Rekomendasi Ide Bisnis Untuk Mahasiswa

Diposting pada

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa – Tahukah kamu bahwa ada banyak peluang yang bisa di lakukan untuk kamu seorang mahasiswa dalam melakukan bisnis atau usaha sampingan. Jadwal kuliah yang sering sekali tidak padat tentunya bisa kamu manfaatkan untuk membuka usaha supaya bisa memperoleh penghasilan.

Pendapatan dari bisnis ini pun bisa nantinya kamu pakai untuk banyak keperluan seperti membayar kost atau mungkin untuk uang kuliah kamu. Lalu apa saja usaha yang cocok untuk mahasiswa ini?

Beberapa Ide Bisnis Sampingan Anak Kuliah Modal Kecil

Ide Bisnis Sampingan Anak Kuliah Modal Kecil

Bisnis sampingan untuk mahasiswa sebenarnya tidaklah membutuhkan modal yang besar. Untungnya kini ada banyak peluang usaha yang nyatanya hanya membutuhkan modal minim saja. Berikut ini beberapa bisnis untuk kamu para mahasiswa.

Jasa Les Privat

Tahukah kamu bahwa jasa les privat bisa dilakukan oleh mahasiswa jurusan apa saja yang memang suka mengajar dan memiliki pengetahuan tentang pendidikan dan bisa di jalankan sesuai dengan kurikulum di sekolah.

Jika kamu seorang mahasiwa Pendidikan maka bisa membuka jasa les private, sambil mengasah kembali apa yang sudah di pelajari. Dengan membuka jasa les maka bisa di katakan ini tidak membutuhkan modal karena hanya berupa sebuah jasa.

Jasa Penerjemah

Di era global seperti sekarang ini jasa penerjemah tentunya masih dibutuhkan untuk mendukung banyak informasi dari berbagai negara. Jika kamu seorang mahasiswa yang mempunyai kemampuan dalam bahasa asing, tentulah jasa ini bisa dijadikan sebagai bisnis yang menjanjikan.

Bahasa asing yang dibutuhkan sekarang ini pun bukan hanya Bahasa Inggris saja, namun ada juga bahasa asing lain juga yang banyak diperlukan penerjemahnya misalanya untuk Bahasa Korea, China, atau Jepang. Kamu pun bisa melakukannya secara online.

Jasa Pembuatan Artikel

Tahukah kamu bahwa informasi saat ini bisa kamu cari melalui internet. Memang tidak heran jika website kini terus ada, baik itu yang berisi informasi ataupun yang promosi untuk produk juga perusahaan. Biasanya pemilik website seringsekali tidak sempat untuk membuat konten dalam website sehingga pada akhirnya membutuhkan pihak lain untuk mengisinya.

Namun kamu jangan lupa bahwa untuk bisnis ini, penguasaan SEO nyatanya cukup penting dalam artikel online, dimana hal ini nyatanya bisa mendatangkan trafik dengan lebih mudah. Jasa pembuatan artikel bagi mahasiswa yang masih baru juga bisa dilakukan dengan cara mempromosikan lewat akun media sosial mu.

YouTuber

Ide bisnis sampingan mahasiswa lainnya yaitu bisa juga dengan membuka channel YouTube. Sekarang ini ada banyak peluang untuk bisa memperoleh uang dengan menjadi youtuber. Sekarang ini video bermain game pun juga sudah bisa dijadikan sebagai konten untuk channel Youtube yang pastinya bisa menjanjikan.

Video yang unik serta menarik pastilah akan mendatangkan banyak penonton dan pelanggan. Saat itulah channel YouTube sudah layak untuk dilakukannya monetisasi, dengan begitu bisa mendatangkan uang. Hal ini tentu saja bisa dilakukan oleh orang umum ataupun yang masih berstatus mahasiswa.

Baca Juga :

Untuk menjadi YouTuber yang bisa mendapatkan penghasilan nyatanya memang bukan hal yang mudah, akan tetapi bisa dilakukan dengan terus belajar dan berusaha. Video yang unik dan menarik biasanya akan menjadi kunci untuk banyak orang bisa menyukai channel kamu.

Jasa Desain Grafis

Ide bisnis mahasiswa lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan membuka jasa desain grafis. Hal ini ini tentu berlaku bagi mahasiswa yang mempunyai keahlian dalam hal desain. Mahasiswa jurusan desain yang memiliki kemampuan tetu saja bisa membuka jasa desain ini.

Jasa desain grafis umumnya diperlukan untuk pembuatan logo, gambar, brosur, undangan, dan sebagainya. Modal yang dibutuhkan untuk bisa membuka jasa ini bisa kamu mulai hanya dengan modal computer dan printer saja.

Toko Online

Bisnis untuk mahasiswa selanjutnya adalah toko online. Tahukah kamu bahwa kini toko online begitu mudah dibuka dengan bermunculannya platform marketplace. Disinilah kamu para mahasiswa bisa memanfaatkan peluang usaha untuk membuka toko online dengan menjual berbagai produk yang kamu mau. Produk yang dijual di toko online ini pun bisa berupa produk reseller atau mungkin dengan produk sendiri.

Dalam hal ini disarankan jika kamu sudah memhami dan menguasai mengenai produk yang akan dijual supaya nanti dalam prosesnya akan lebih gampang. Dengan membuka toko online bagi kamu para mahasiswa yang ingin berbisnis nyatanya pun bisa dilakukan hanya dengan modal yang minim saja karena tidak akan memerlukan tempat special untuk mewujudkannya.

Akan tetapi memang perlu strategi promosi seperti mengunggah di media sosial atau mungkin dengan mengadakan giveaway sehingga toko online tersebut bisa dikenal banyak orang.

Jasa Reparasi Komputer dan Ponsel

Ide bisnis selanjutnya adalah jasa ini. Terkhusus untuk kamu mahasiswa pria, biasanya memiliki kemampuan dalam hal reparasi barang elektronik seperti komputer, maupun ponsel.

Tentu saja ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis mahasiswa yang cukup menguntungkan. Jasa reparasi ini pun juga tidak membutuhkan tempat yang luas bahkan mungkin bisa dilakukan di tempat kost kamu sendiri.

Promosi untuk jasa ini juga bisa dilakukan dengan cara sederhana yaitu menggunakan akun media sosial kamu lalu kemudian mempromosikannya pada mahasiswa lainnya. Untuk mempromosikannya di sosial media juga gampang untuk menarik perhatian orang.

Kamu cukup membuat desain menarik yang bisa mengalihkan perhatian publik ketika melihat postingan mu. Disamping itu barang elektronik seperti laptop dan ponsel sendiri sudah dimiliki oleh semua orang sehingga pasti banyak yang membutuhkan reparasi ini.

Daftar Ide Bisnis Sampingan Lainnya Buat Mahasiswa

Nyatanya bukan hanya usaha dalam bentuk jasa yang tanpa modal uang saja, namun ada juga ide bisnis mahasiswa yang juga bisa dilakuakn dengan membuka usaha memakai modal uang yang tidak terlalu besar, diantaranya;

Warung Jus

Minuman sehat seperti jus di zaman sekarang ini masih banyak peminatnya. Disinilah para mahasiswa bisa memanfaatkannya dengan membuka warung jus kecil-kecilan. Untuk ide bisnis mahasiswa ini bisa bisa dilakukan di tempat yang biasa saja dengan menggunakan peralatan yang murah juga seperti blender. Bagaimana dengan potensi penghasilan dari bisnis ini? Tentu cukup menghasilkan.

Menjual Pakaian

Fashion pun kini bisa jadi hal yang cukup penting bagi mahasiswa yang setiap hari pastilah akan berganti pakaian untuk pergi ke kampus. Ini merupakan ide bisnis untuk mahasiswa dengan potensi penghasilan yang cukup menjanjikan.

Menjual Aksesori Ponsel

Ponsel adalah sebuah benda yang sekarang begitu umum bahkan sudah dimiliki oleh kalangan mahasiswa. Jika menjual ponsel memerlukan modal besar, maka aksesori ponsel bisa kamu jadikan sebagai pilihan untuk modal yang minim saja. Ada berbagai aksesori ponsel yang bisa kamu jual misalnya seperti earphone, memory card, casing hp, charger, kabel data dan masih banyak lagi.

itulah beberapa ide usaha yang bisa kamu lakukan selagi kamu menjadi mahasiswa, sebenarnya masih banyak sekali bisnis usaha untuk mahasiswa ini kamu bisa mulai dari cari sesatu yang kamu suka dan bermanfaat untuk orang lain. Karena hal  itulah yang terpenting dalam mencari bisnis untuk mahasiswa yaitu menjadi manfaat untuk orang lain.

Terimakasih sudah membaca artikel di asetbro ini semoga dengan membaca artikel ini bisa memberikan pengetahuan kepadamu, khususnya pengetahuan mengenai ide bisnis dan usaha untuk mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *