KREDIT TANPA AGUNAN ADALAH

Kredit Tanpa Agunan (KTA) Adalah – Manfaat dan Kekurangannya

Diposting pada

Dengan kebutuhan hidup yang semakin berkembang, masyarakat mencari cara untuk memenuhinya, salah satunya dengan mengajukan pinjaman tanpa agunan. Setiap bank memiliki program pinjaman ini dengan keuntungan yang berbeda-beda. Berikut akan asetbro jelaskan mengenai kredit tanpa agunan ini atau pada umumnya sering kita sebut KTA

Pengertian Kredit Tanpa Agunan (KTA)

pinjaman tanpa agunan atau KTA adalah produk pinjaman yang di tawarkan oleh bank tanpa mengharuskan calon peminjam untuk memberikan jaminan berupa aset atau harta seperti pinjaman bank lainnya.

Dengan cara ini, calon peminjam dapat memperoleh dana yang di perlukan tanpa harus memberikan sertifikat perumahan, BPKP, dll sebagai jaminan pinjaman.

Calon peminjam hanya perlu memenuhi persyaratan yang di gariskan dengan melampirkan dokumen terkait, seperti KTP dan bukti penghasilan.

Baca Juga :

Contohnya PT Bank Central Asia Tbk yang menawarkan BCA Personal Loan yaitu pinjaman tanpa agunan yang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan nasabah, dimana pembayaran dapat dilakukan secara angsuran bulanan dengan jangka waktu yang disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan nasabah. membayar.

Manfaat Kredit Tanpa Agunan KTA

  • Pertukaran instan: Hanya dalam 1 hingga 7 hari kerja kamu bisa mendapatkan uang yang kamu pinjam. Tapi itu tergantung pada verifikasi bank dan integritas dokumen yang kamu ajukan sebagai bahan pertimbangan.
  • Tidak diperlukan penilaian agunan – Karena pinjaman ini tidak memerlukan agunan untuk aset atau properti calon peminjam, bank tidak perlu melalui proses penilaian agunan terlebih dahulu.
  • Sebagai dana darurat: Karena pencairan pinjaman ini cepat, KTA sering digunakan sebagai peminjam, misalnya seorang pengusaha tiba-tiba memiliki peluang bisnis. Selain itu, KTA juga sering digunakan untuk belanja medis, pendidikan, atau konsumen.

Kekurangan Kredit Tanpa Agunan KTA

  • Bunga Tinggi – Risiko yang harus ditanggung oleh klien yang mengambil KTA adalah membayar bunga yang tinggi. Bank membebankan suku bunga tinggi dalam upaya mengurangi risiko kerugian, berbeda dengan kredit yang menggunakan agunan dimana risiko bank mendekati 0%.
  • Jangka pendek: Dengan pinjaman tanpa jaminan, periode pembayaran biasanya lebih pendek daripada produk pinjaman lainnya. Biasanya pinjaman KTA paling lama adalah 5 tahun, tergantung antisipasi masalah kredit macet.
  • Jumlah Pinjaman Terkecil: Untuk produk KTA, ukuran pinjaman berkisar antara Rs 3 juta hingga Rs 200 juta. Total ini dapat dilihat pada struk pembayaran atau limit kartu kredit. Jumlah pinjaman kamu bisa dua hingga tiga kali lipat dari jumlah itu. Bank juga akan memberlakukan persyaratan berupa NPWP bagi nasabah yang mengajukan pinjaman di atas Rp50 juta.
  • Denda – Jika peminjam tidak membayar cicilan atau memiliki kredit macet, bank akan mengirimkan tagihan ke alamat yang sesuai dan jika upaya ini tidak berhasil, bank akan memulai proses pidana. Dalam kondisi terakhir, aset peminjam dapat disita dan dimasukkan dalam daftar hitam oleh bank. Konsekuensinya di masa depan, peminjam mungkin akan kesulitan untuk bertransaksi finansial.

Biaya Kredit Tanpa Agunan KTA

Sebagai aturan umum, kreditur hanya akan mengenakan biaya administrasi kepada calon debitur, dll, tidak ada biaya lain yang akan dikenakan. Oleh karena itu, calon debitur pada dasarnya tidak perlu mengeluarkan biaya lain hanya untuk mempercepat penyelesaian proses pengajuan KTA.

Tidak ada hal-hal atau hal-hal yang berlebihan. Semua jenis biaya Hanya ada satu, yaitu biaya administrasi. Besaran biaya administrasi juga bervariasi tergantung bank calon debitur yang akan mengambil KTA, serta kebijakan dari masing-masing bank.

Terkadang beberapa bank membebankan biaya tabungan provisi yang besarnya ditetapkan oleh bank.

Misalnya Bank Standard Chartered, dimana terdapat dua komponen biaya utama, biaya administrasi dan biaya pelunasan dipercepat.

  • Biaya administrasi: dalam bentuk biaya keterlambatan Rp 225.000 atau hingga 6% dari pembayaran bulanan.
  • Biaya Pembayaran Dipercepat: Jika kurang dari atau sama dengan 24 bulan, akan dikenakan biaya sebesar 6% dari sisa pokok ditambah biaya administrasi sebesar Rs 200.000. Jika lebih dari 24 bulan, akan dikenakan biaya. 6% dari sisa pokok pinjaman.

Selain tarif yang tercantum di atas, Bank Standard Chartered juga menawarkan layanan KTA reguler dan online, dimana terdapat dua komponen biaya, yaitu Annual Fee dan Saving Fee. Biaya provisi umumnya dihitung pada tahun pertama saja, atau 3,5% dari jumlah pinjaman yang disetujui.

Selain itu, ada juga biaya tahunan yang berlaku dari tahun kedua hingga tahun kelima, sebesar Rs 50.000 per tahun.

Dalam jenis KTA khusus untuk calon peminjam yang bekerja di perusahaan tertentu, dikenakan biaya tabungan sebesar 2% dari jumlah pinjaman yang disetujui. Pada saat yang sama, biaya keanggotaan tahunan yang berlaku dari tahun kedua hingga tahun kelima adalah sekitar Rs 50.000 per tahun.

itu dia pembahasan mengenai kredit tanpa agunan, semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan sedikit pengetahuan untukmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *