membuat surat lamaran kerja

Belajar Membuat Surat Lamaran Kerja Beserta Contoh

Diposting pada

Setiap orang harus bekerja untuk dapat menunjukkan bahwa ia hidup dan memiliki eksistensi. Ada pepatah mengatakan bahwa apabila orang sudah tidak bekerja maka ia sama dengan mati. Layaknya pepatah tersebut benar adanya. Bagaimanapun manusia harus bekerja di dalam hidupnya. Entah apapun itu pekerjaan yang mereka lakukan.

Bekerja memiliki banyak tujuan mulai dari menghidupi keluarga, mencari kekayaan, menunjukkan eksistensi, dan berbagai alasan lainnya. Memang tentunya alasan yang paling banyak adalah menghidupi diri sendiri dan keluarga. Sejak mulai kanak-kanak pun kita sudah bekerja misalnya saja pergi belajar, membantu orang tua membersihkan rumah, menyapu, mencuci piring, dan lain sebagainya. Itu adalah juga bentuk pekerjaan yang dilakukan anak-anak meski berbeda dengan orang dewasa.

Ketika sudah dewasa kamu bisa mulai bekerja dengan merintis karir di perusahaan tertentu, atau membuka usaha sendiri dan menjadi seorang entrepreneur handal. Bahkan menjadi seorang ibu rumah tangga juga merupakan suatu pekerjaan mulia. Apapun pilihanmu untuk bekerja, tentu semuanya harus diapresiasi karena semua pekerjaan pasti memiliki tujuan yang baik dan juga dampak positif bagi sesama.

Baca Juga :

 

Tidak semua orang bisa beruntung sukses bekerja mengembangkan usahanya sendiri. Ada juga orang-orang yang harus bekerja di perusahaan demi berbagai alasan. Nah untuk bisa masuk ke perusahaan tertentu, tentunya kamu butuh menulis surat lamaran kerja yang baik. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan minatmu dan lebih mempresentasikan diri kamu dalam sebuah tulisan.

Buat kamu yang masih baru lulus, pasti bingung kan bagaimana caranya membuat lamaran kerja yang baik. Kamu dapat menyimak tips dan contoh berikut ini untuk membuat surat lamaran kerja.

Cara Membuat Lamaran Kerja

Membuat surat lamaran tidaklah terlalu sulit. Yang terpenting isinya mencakup apa yang ingin kamu sampaikan kepada pemberi kerja, merepresentasikan diri kamu di dalam selembar kertas, dan membuat mereka tertarik untuk menggunakan jasamu.

Biasanya bagian personalia suatu perusahaan telah memiliki suatu kriteria dan standar tertentu untuk orang yang dipanggil melakukan wawancara. Pengalaman menjadi salah satu syarat kamu untuk bisa masuk perusahaan mereka. Bagaimana dengan yang fresh graduate? Jangan takut. Jika mereka memiliki kualifikasi untuk pemula, dan misalnya pengalaman kamu selama kuliah atau bekerja paruh waktu sebelumnya cocok, mungkin mereka akan mempertimbangkan kamu.

Hal-Hal Yang Harus Kamu Perhatikan dan Harus Ada Saat Membuat Surat Lamaran Kerja

membuat surat lamaran kerja

  1. Tempat dan tanggal surat dibuat

Hal ini penting untuk memberitahukan kepada pemilik perusahaan bahwa kamu menulis surat itu dimana dan tanggal berapa. Mungkin saja dari lokasi tersebut mereka bisa memperhatikan lebih detail apakah kamu cocok ditempatkan di lokasi tertentu sesuai kualifikasi mereka.

  1. Tujuan, Alamat, dan Perihal

Hal ini juga penting untuk mengetahui surat tersebut kamu tujukan untuk siapa. Mencantumkan alamat perusahaan tersebut berarti kamu telah mendapatkan informasi tentang perusahaan dan lowongan dengan benar. Sebelum ada surat elektronik, tentu dengan adanya alamat ini akan mempermudah kurir untuk mengantarkan surat. Sedangkan perihal penting untuk mengetahui bahwa surat tersebut memiliki tujuan untuk apa.

  1. Salam dan pengantar

Bagian ini merupakan isi surat yang tidak kalah penting untuk disampaikan. Salam bertujuan untuk menghargai orang yang kamu kirimkan surat lamaran. Sedangkan pengantar berisikan tentang pekerjaan yang kamu ingin lamar dan menyampaikan maksud ketertarikan kamu terhadap hal tersebut.

  1. Data diri

Hal ini merupakan isi utama dari surat lamaran yang kamu buat. Data diri sangat penting dituliskan dengan jujur, jangan ada yang direkayasa. Para pemberi kerja akan mendapatkan referensi awal dari data dirimu apakah cocok atau tidak untuk posisi yang mereka tawarkan. Kamu harus menuliskan nama, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, kontak, alamat, dan lain sebagainya.

  1. Lampiran

Hal ini penting untuk mendukung surat lamaran pekerjaanmu dan mereka dapat melihat lebih jelas lagi tentang pengalaman kamu bekerja, lulusan dari universitas atau sekolah mana, dan lain sebagainya. Selain itu kamu juga bisa menyertakan referensi dan surat pengalamanmu bekerja sebelumnya. Usahakan kamu juga melampirkan berkas-berkas utamanya yang diminta oleh mereka. Terkadang ada lowongan kerja yang meminta kamu melampirkan portifolio, sertifikat keahlian, atau apapun itu. Sebaiknya kamu tulis juga semua list lampiran di dalam surat lamaran pekerjaanmu.

  1. Penutup

Bagian ini berisikan tentang harapan kamu untuk bisa diterima bekerja, dan juga berterima kasih karena surat lamaran kamu sudah diterima oleh pemimpin perusahaan. Jangan lupa juga untuk menambahkan salam penutup sehingga kamu tetap sopan meskipun di dalam surat pengantar.

  1. Tanda tangan dan nama jelas

Dalam menulis surat formal aturan pembubuhan tanda tangan dan juga nama jelas dalam sebuah surat sangat penting untuk kamu lakukan. Hal ini memvalidasi bahwa surat yang kamu tulis tersebut merupakan asli buatan dan milik kamu.

Sebenarnya membuat surat lamaran tidaklah sulit. Masukkan semua komponen yang kamu baca diatas tadi, buatlah dengan jujur dan tulus tanpa mengada-ada. Untuk lebih mempermudah kamu menulis surat lamaran dengan baik, maka kamu dapat memperhatikan contoh surat di bawah ini.

Contoh Tulisan Surat Lamaran Kerja

Jakarta, 18 Agustus 2021

 

Yth                    : Manager Personalia/HR Manager PT Asetbro.com

Alamat             : Jl. Belajar Keuangan

Perihal             : Lamaran Kerja

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari iklan lowongan kerja di perusahaan Bapak/Ibu dari website asetbro.com bahwa PT asetbro membuka lowongan pekerjaan untuk posisi “Penulis” Saya sangat tertarik dan bermaksud untuk melamar pekerjaan tersebut. Berikut adalah data diri saya:

Nama                                         : Tony Stark

Tempat, tanggal lahir             : Cakung, 21 Agustus 2021

Jenis kelamin                           : Laki-Laki

Status pernikahan                   : Menikah

Alamat                                       : Cakung, Jakarta Timur

Telp/HP                                    : 021-88801639

Email                                         : asetbro.com@gmail.com

Pendidikan terakhir                : S1 – Sarjana Teknik Mesin

Saya pernah memiliki pengalaman bekerja selama 20 tahun di posisi tersebut. Saya juga memiliki kemauan untuk bekerja keras, mampu bekerja bersama-sama dengan tim maupun bekerja secara individu.

Sebagai bahan pertimbangan, maka bersama dengan surat lamaran ini saya melampirkan beberapa dokumen pendukung yang dapat melengkapi diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Fotocopy KTP
  2. Pasfoto 3 x 4
  3. Fotocopy ijazah terakhir
  4. Lampiran fotocopy transkrip nilai
  5. Fotocopy surat pengalaman kerja
  6. Daftar riwayat hidup

Besar harapan saya untuk dapat masuk ke tahap selanjutnya yaitu wawancara di perusahaan Bapak/Ibu. Harapannya, saya dapat menjelaskan lebih baik tentang diri saya dan potensi yang dimiliki.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Apabila ada data yang tidak sesuai di kemudian hari saya siap menanggung segala konsekuensinya. Atas perhatian dari Bapak/Ibu pimpinan perusahaan saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Tony Stark

Contoh Gambar Surat Lamaran Kerja

contoh surat lamaran kerja

Itulah contoh menulis dan membuat surat lamaran kerja yang baik. Jangan takut untuk melamar pekerjaan yang kamu inginkan. Jika belum mendapatkannya, coba terus dan jangan menyerah untuk pekerjaan impian kamu. Jika kamu sudah bekerja sesuai dengan passionmu saat ini maka hal tersebut akan menjadi anugerah buatmu karena bisa menikmati pekerjaan tanpa perlu menjadikannya beban berat.

Dan ini adalah bonus untuk kamu yang sudah membaca artikel ini sampai habis, kamu bisa mendownload file word contoh surat lamaran kerja. File surat lamaran ini saya berikan gratis untuk kamu semua. Kamu tinggal ganti nama, jabatan yang di lamar, serta lampiran.

Download Surat Lamaran File Microsoft Word

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *