SURAT PENGUNDURAN DIRI

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri dan Contohnya

Diposting pada

Jika kita lihat dari namanya kita sudah tahu jika surat pengunduran diri ini merupakan sebuah bentuk pernyataan untuk berhenti bekerja dari perusahaan. Bukan hanya mengundurkan diri pada pekerjaan yang sudah di tempatinya, namun juga bisa saja mengundurkan diri dari rutinitas yang sudah di lakukan sebelumnya.

Bagi yang belum paham, surat pengunduran diri seharusnya dibuat secara tertulis secara resmi dan tidak di perkenankan untuk membuatnya secara lisan. Hal ini di sebabkan karena pernyataan secara lisan di nilai tidak resmi dan kurang sopan sehingga harus ada yang namanya surat.

Itulah mengapa dalam pembuatan surat pengunduran diri baik itu untuk perusahaan harus sesuai dengan format yang sudah ada dengan tetap memperhatikan isi maupun tujuan dari pembuatan surat itu. Juga dengan menggunakan bahasa penyampaian secara resmi, baik, juga sopan.

Tentunya ada banyak alasan yang menyebabkan kamu mengundurkan diri dari perusahaan tempat bekerja, misalnya karena budaya dan lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan karakter kamu, masalah kesehatan, gaji yang tidak sesuai dan masih banyak lagi.

Dalam hal ini maka kamu harus mempersiapkan surat pengunduran diri yang tepat terlebih dahulu sebelum benar-benar keluar dari tempat bekerja. Hal ini di lakukan untuk menghindari terjadinya sesuatu yang kurang baik dan supaya perusahaan juga nantinya bisa menerima keputusan kamu.

Baca Juga : Belajar Membuat Surat Lamaran Kerja Beserta Contoh

Lalu pertanyaannya adalah apa saja yang menjadi tujuan dari surat pengunduran diri ini? Tahukah kamu adanya surat pengunduran diri merupakan sebagi bentuk pernyataan di mana seseorang itu sudah yakin untuk tidak lagi berada di lingkup kerja perusahaan. Ketika kamu membuat surat pengunduran diri itu pun harus terdiri darii isi, alasanny apa untuk memutuskan tindakan ini.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Sekaligus Contonya Buat Kamu

Dalam hal ini, di sarankan untuk kamu membuat surat dengan kata-kata se-sopan mungkin. Jangan asal menulis apabila memang kamu kurang suka dengan perusahaan tersebut.

Berikut ini cara menulis surat pengunduran diri yang tepat:

  1. Tuliskanlah alasan yang tepat. Dalam hal ini berikan argumen yang kuat supaya surat tersebut di terima. Jangan lupa, walaupun berkaitan dengan kegagalan perusahaan dalam memenuhi tuntutan pekerja, namun kamu harus tetap menuliskannya sebaik mungkin.
  2. Kemudian harus ditulis dengan kaidah yang berlaku, seperti pembuka, isi, juga ada penutup.
  3. Umumnya harus diajukan 30 hari sebelum resign.
  4. Terakhir kamu harus memberi kesan baik dengan menemui atasan secara langsung dan mengungkapkan alasan pengunduran diri kamu.

 

Contoh surat pengunduran diri:

Jakarta, 25 Agustus 2021

Kepada

Yth. Pimpinan Asetbro.com

  1. XXXXX

Jakarta

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama: Tony Stark

Alamat: Jalan saham raya no.17

Jabatan: Trader

Nomor ID: kmzway87aa

 

Melalui surat ini, saya ingin mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu pimpin terhitung mulai tanggal 25 Agustus 2021 disebabkan karena kontrak kerja yang sudah berakhir.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih karena Bapak/Ibu telah memberikan kesempatan bagi saya untuk belajar serta bekerja dengan profesional. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang boleh saya terima selama ini baik secara tidak langsung ataupun secara langsung.

Tidak lupa juga saya ingin mengucapkan terima kasih pada rekan-rekan kerja yang sudah berjuang bersama untuk bisa memenuhi target perusahaan. Memohon maaf karena tidak bisa menjadi bagian di perusahaan Bapak/Ibu pimpin lagi.  Saya mohon maaf jika selama saya menjadi karyawan sudah melakukan kesalahan secara sengaja atau tidak sengaja. Saya berharap perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin bisa semakin berkembang lagi.

Hormat saya,

 

(…………………)

Tips Membuat Surat Pengunduran Diri yang Tepat

Pilihlah alasan yang tepat

Sebelum kamu nanti mengajukan surat resign dari perusahaan, maka kamu harus menggunakan alasan yang tepat yang bisa di terima oleh atasan. Cobalah untuk memilih alasan yang memungkinkan kamu untuk tidak lagi bekerja di perusahaan itu.

Bertemu dengan atasan kamu secara langsung

Ini adalah cara tepat untuk meminta atasan bisa meluangkan waktu untuk membicarakan mengenai surat pengunduran diri kerja. Carilah waktu yang tepat untuk mendiskusikan dengan atasan karena mungkin saja atasan kamu sedang sibuk sehingga tidak ada waktu untuk berdiskusi tentang ini. Pilihlah kata-kata yang bagus untuk diucapkan serta harus sopan.

Selalu tunjukkan sisi positifnya

Tunjukkanlah sisi positif kamu seperti jujur ​​dan selalu sopan. Dengan menggunakan kata-kata yang baik ketika berbicara maka akan membuat kamu terlihat menghargai atasan dan juga pekerjaan kamu. Beri tahu atasan kamu jika sebenarnya kamu senang berada di perusahaan namun tidak bisa bekerja lagi karena ada alasan lain. Jujurlah kepada atasan kamu dan jangan lupa untuk tetap memikirkan masa depan kamu nantinya.

Pertimbangkan jika ada tawaran yang bagus

Apabila kamu sudah menjelaskan kepada atasan dan dia akirnya membuat penawaran yang bagus kepada kamu, maka kamu perlu mempertimbangkan apakah akan tetap tinggal jika mendapat kenaikan gaji atau mendapatkan promosi. Tentunya jika ada penawaran ini maka akan menguntungkan kamu di mana ini bisa kamu pertimbakan dahulu.

Selesaikan kewajiban terlebih dahulu

Sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari pekerjaan, maka kamu di sarankan harus menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai. Bersikap profesional pastinya masih harus tetap di lakukan untuk membuktikan bahwa kamu memang seorang pekerja yang baik dan professional.

Jaga rahasia pengunduran diri kamu

Tentunya akan ada banyak berita tentang kamu jika kamu berbohong mengenai pengunduran diri. Dalam hal ini disarankan untuk tidak memberitahu siapapun mengenai pengunduran diri sampai permohonan pengunduran diri kamu di terima oleh perusahaan.

Ikuti aturan

Biasanya di beberapa perusahaan itu mempunyai aturan dan prosedur pengunduran diri sendiri. Pastikan kamu sudah mengetahui seperti apa prosedur yang benar di perusahaan kamu sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri dan apabila kamu masih memiliki banyak pekerjaan yang belum diselesaikan, maka harus menyelesaikannya terlebih dahulu.

Kamu juga perlu bekerja maksimal meskipun sudah ada rencana untuk mengundurkan diri dari perusahaan. Bukan berarti bahwa kamu bisa bekerja asal-asalan dan tidak pantas untuk perusahaan. Namun harus terus menunjukkan potensi terbaik kamu.

Tinggalkan kesan baik

Beberapa orang yang sudah mengundurkan diri dari pekerjaannya, biasanya mereka sudah merasa bosan dan lelah. Perasaan ini juga pasti akan membuat produktivitas menurun. Akan tetapi jika kamu tidak ingin terjadi sesuatu yang buruk yang bisa menjadi penghalang bagi peluang di masa depan, maka ada baiknya bertindak hati-hati dan bijaksana.

Inilah beberapa beberapa tips buat kamu serta contoh surat pengunduran diri kerja buat kamu yang ingin resign dari pekerjaan kamu. Bagi kamu yang belum mengerti bagaimana cara membuat suratnya, kamu bisa mengikuti tips juga memperhatikan contoh surat yang sudah kami buat diatas.