Usaha Makanan Khas Daerah

Peluang Usaha Makanan Khas Daerah Yang Bisa Kamu Coba

Diposting pada

Peluang Usaha Makanan Khas Daerah – Makanan khas Indonesia saat ini tak kalang dengan panganan modern dari luar negeri. Karena itulah saat ini peluang usaha makanan khas daerah mulai terbuka lebar dengan nilai cukup menguntungkan.

Bahkan sekarang ini beberapa menu makanan khas daerah mulai meraih kepopuleran di kalangan warganet hingga mungkin saja akan bisa terlihat pada kancah internasional.

Akan tetapi jika kamu tertarik untuk memulai bisnis tersebut mulailah membangun perencanaan usaha makanan khas daerah. Hal ini berguna untuk meminimalisir resiko usaha makanan khas daerah yang akan merugikan para pebinsin terlebih wirausahawan pemula.

Kendati demikian kini sudah cukup banyak pengusaha olahan makanan khas daerah yang meraih kesuksesan dan mendapatkan keuntungan besar.

Sebelum memulai usaha panganan pada bidang tersebut kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu contoh usaha makanan khas daerah yang dapat kamu jalankan dengan mudah.

Kemudian tentukan juga sumber daya yang kamu butuhkan dalam usaha makanan khas daerah. Untuk segi sumber daya, sebaiknya pilihlah orang asli daerah tersebut yang memiliki kemampuan tinggi dalam membuat makanan khas daerahnya.

Sehingga tercipta rasa makanan yang khas dan diterima oleh masyarakat luar. Lalu apa saja ide dan peluang usaha makanan khas daerah yang menguntungkan? Kamu bisa melihat referensinya yang sudah asetbro rangkum di beberapa pilihan berikut ini.

5 Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

1. Peluang Usaha Makanan Khas Daerah Menu Seblak

Siapa yang tidak tahu menu makanan seblak? Seblak merupakan salah satu makanan khas daerah yang berasal dari Jawa Barat. Makanan daerah seblak terbuat dari kerupuk basah yang kemudian kamu masak dengan berbagai bumbu juga toping lain misalnya sayuran, sosis, ceker, telur, mie dan sebagainya. Seblak bisa menjadi salah satu contoh ide dan peluang usaha makanan yang akan menguntungkan kamu.

Memiliki cita rasa pedas gurih, menjadikannya ide bisnis peluang usaha makanan khas daerah yang tengah populer. Karena itulah kini penjual seblak tak hanya di daerah Jawa Barat saja. Kamu bisa menemukan penjual seblak di Jakarta, Jawa Tengah ataupun daerah lainnya. Sehingga kalau kamu ingin menggeluti usaha tersebut, tak perlu repot lagi memperkenalkannya ke tengah publik.

Selain karena kepopulerannya yang kini tinggi, bentuk peluang lain dari ide usaha makanan daerah seblak ini adalah bahan pembuatannya yang mudah sekali kita dapatkan. Bukan itu saja, bahannya yang mudah juga bisa kamu dapatkan dengan variasi harga sesuai modal. Sehingga hasil masakannya tetaplah eblak dengan harga jual menyesuaikan pasar.

2. Peluang Bisnis Menu Khas Daerah Serabi

Ide bisnis peluang usaha makanan khas daerah berikutnya ada menu serabi atau surabi. Menu ini masih dalam makanan khas daerah Jawa Barat. Meskipun berasal dari Jawa Barat, surabi sudah terkenal di berbagai penjuru daerah bahkan hingga di seluruh pulau Jawa. Makanan surabi berasal dari tepung beras yang bercampur bersama parutan kelapa juga santan kental.

Kemudian di bagian atas surabi bisa kamu tambahkan berbagai topping seperti oncom, varian rasa, keju, green tea, coklat serta varian rasa lainnya. Dengan variasi rasa yang kian banyak dan terus mengalami perkembangan menjadikan surabi sebagai makanan khas daerah sangat populer. Bahkan kepopulerannya bukan hanya di kalangan orang tua saja, kini anak muda juga menikmatinya.

Baca Juga : Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari Wajib Kamu Coba

Makanan surabi sangat enak mereka nikmati saat masih hangat bisa kita sandingkan dengan minuman seperti kopi ataupun teh. Sehingga saat cuaca tengah dingin menjadikan paduan kuliner tersebut terasa sempurna. Bukan hanya itu, cara membuat surabi juga tergolong mudah sehingga tak memerlukan sebuah teknik khusus.

Dengan tingkat kepopulerannya yang makin tinggi, terlebih adanya varian rasa banyak menjadikan ide dan peluang usaha makanan khas daerah tersebut bukan menjadi hal buruh. Ide bisnis tersebut mungkin saja cocok dan begitu menguntungkan untuk kamu jalankan. Kamu bisa mencari orang yang ahli membuatnya sehingga bisa menang dengan persaingan di pasaran.

3. Menu Pempek Sebagai Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

Pempek bisa menjadi ide bisnis peluang usaha makanan khas daerah berikutnya yang menguntungkan. Makanan khas daerah empek atau biasa kita sebut empek empek merupakan makanan khas daerah yang berasal dari kota Palembang. Makanan ini terbuat dari campurang tepung dan daging ikan beserta bahan-bahan lainnya. Pempek sering terlihat berdampingan bersama kuah cuka yang mempunya rasa beragam campuran manis, asam juga pedas.

Pempek sendiri mempunyai banyak jenis antara lain pempek bulat, pempek lenjer dan pempek pistel dengan isi pepaya muda remus yang dibumbui dan tumis. Ada juga pempek keriting, pempek kulit ikan, pempek kapal selam serta pempek telur kecil. Di antara varian jenis pempek tersebut, yang sangat populer di sekitar kita adalah kapal selam yang memiliki isi berupa telur dan ayam rebus.

Contoh makanan khas daerah ini sudah begitu terkenal bahkan hingga di luar kota Palembang. Bisa kita bilang Pempek sangat terkenal dan menyebar hingga di seluruh Indonesia. Hal yang membuat pempek terkenal dalah cita rasanya yang unik sebab perpaduan dari gurih, kenyal, manis, asam dan sedikit pedas kemudian bercampur jadi satu.

Kamu mungkin bisa mempertimbangkan pempek menjadi ide dan peluang usaha makanan khas daerah menguntungkan. Tak lupa pilihlah pembuat pempek yang memiliki pengalaman dan kemampuan menciptakan cira rasa tersendiri.

4. Gado-gado Menjadi Peluang Bisnis Makanan Khas Daerah

Gado-gado bisa kita katakan sebagai salah satu makanan khas daerah yang sangat menyehatkan juga baik bagi tubuh penikmatnya. Hal ini lantaran gado-gado terbua dari berbagai macam sayuran misalnya selada, kacang panjang, kubis, kol, tomat, toge, wortel dan jenis sayuran lainnya dengan bumbu kacang sebagai pelengkap rasanya.

Gado-gado adalah makanan khas daerah yang berasal dari kota Jakarta. Makanan tersebut sangat mudah kita temukan mulai dari di pinggir jalan biasa hingga dalam restoran juga tersedai. Gado-gado juga sudah begitu terkenal di penjuru Indonesia hingga ke mancanegara. Bukan hanya menjadi makanan menyehatkan, gado-gado juga memiliki cita rasa sangat enak.

baca juga : 10 Rekomendasi Ide Bisnis Untuk Mahasiswa

Tak heran jika gado-gado masuk dalam ide bisnis peluang usaha makanan khas daerah. Selain itu harganya juga relatif begitu terjangkau. Gado-gado biasanya menjadi menu makanan kegemaran para vegetarian. Sehingga gado-gado berpeluang besar sebagai ide bisnis makanan daerah yang akan begitu menguntungkan.

5. Baso Tahu atau Siomay Sebagai Peluang Usaha Makanan yang Menguntungkan

Menu makanan satu ini begitu terkenal di daerah Jawa Barat terlebih di kawasan Bandung. Hampir di tiap sudut jalan siapa saja dapat dengan mudah menemukan makanan khas tersebut. Siomay khas daerah Bandung terdiri dari campuran kol rebus, baso tahu, kentang rebus, telur, pare, yang kemudian disiram dengan saus kacang serta kecap manis.

Bukan itu saja, harganya yang terjangkau serta proses pembuatannya mudah menjadikan somay sebagai ide bisnis peluang usaha makanan khas daerah menguntungkan lainnya. Kamu bisa memulai rencana usaha dengan ide somay tersebut.
Berbagai ide bisnis usaha makanan khas daerah tersebut bisa kamu coba meskipun bukan berasal dari kota asli panganan itu diciptakan. Selama bisa menciptakan cita rasa tersendiri yang khas, usaha kamu akan lebih dipilih banyak orang dan mampu bersaing di pasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *