Pengertian Aset
Pengertian Aset dan Jenis Aset

Pengertian Aset, Penggunaan Serta Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Aset

Pengertian Aset – apa itu aset dan jenis aset itu sendiri apa dan bagaimana ?, teman-teman pembaca pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata aset ini apalagi sekarang-sekarang ini kata aset sering kita jumpai di media social di akun-akun yang membahas mengenai aset atau financial.

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Aset adalah modal, kekayaan, atau sesuatu yang memiliki nilai tukar.
  • Mengacu pada PSAK No.16 Revisi Tahun 2011 Aset atau Aktiva adalah seluruh kekayaan milik individu atau kelompok (Badan Usaha)
  • Pengertian Aset jika di lihat dari bentuknya  aset ini berupa benda atau hak yang di dapat melalui transaksi di masa lalu

Jenis-Jenis Aset

Pada dasarnya aset di bagi menjadi dua, yaitu aset lancar dan aset tidak lancar. Berikut penjelasan tentang kedua jenis aset tersebut

1.Aset Lancar

Aset ini adalah aset yang bersifat liquid, kenapa di sebut liquid ? karena aset lancar ini adalah aset yang paling cepat dan gampang untuk di konversikan menjadi uang tunai.

Aset lancar memiliki siklus atau perputaran dan manfaat dengan waktu yang pendek. Pada umumnya jangka waktu dari perputaran aset lancar ini adalah 1 tahun.

Dikarenakan waktunya yang singkat, manfaat dari aset lancar juga mudah untuk habis, namun setelah habis akan digantikan dengan aktiva atau aset yang lainnya.

Contoh dari aset lancar sendiri adalah : Pinjaman untuk Usaha, Investasi Jangka Pendek, Kas, Wesel Tagih.

2.Aset Tidak Lancar

Pengertian dari aset tidak lancar ini adalah aset yang memiliki siklus atau masa manfaat yang lebih dari 1 tahun. dan aset tidak lancar ini di bagi lagi menjadi 3 bagian yaitu aset tetap, Aset tidak Berwujud, Aset Investasi Jangka Panjang. Berikut pengertian dari ketiga jenis aset tidak lancar

A. Aset Tetap

Aset tetap adalah aset yang memiliki bentuk fisik atau wujud. Biasanya aset tetap ini dimanfaatkan serta dipergunakan oleh kelompok usaha atau perusahaan untuk kegiatan produksi baik barang maupun jasa

Tujuan dari memiliki aset tetap ini adalah untuk dipergunakan dalam operasional dan tidak ada maksud untuk dijual kembali.

Tetapi aset tetap juga bisa dijual oleh perusahaan kalau misal umur dari aset tersebut sudah tua, rusak atau ada masalah yang mengharuskan sebuah aset tetap untuk dijual.

Contoh dari aktiva tetap atau aset tetap adalah : Tanah, Bangunan, Mesin, Kendaran dan Lainnya.

B.Aset Tidak Berwujud

Kalau aset tetap memiliki bentuk fisik lain halnya dengan aset ini, pengertian dari aset tidak berwujud ini sesuai dengan namanya merupakan aktiva yang tidak berwujud atau tidak terlihat secara fisik namun memiliki nilai dan manfaat bagi kelompok usaha atau perusahaan.

Contoh dari aset tidak berwujud adalah : Hak Paten, Hak Cipta dari suatu produk, Hak Guna Bangunan, dan Sebagainya.

C. Investasi Jangka Panjang

Aset investasi jangka panjang merupakan suatu aktiva yang difungsikan yang bertujuan untuk mendapatkan kekayaan yang bertumbuh.

Investasi jangka panjang yang dimaksud disini adalah investasi yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha baik dimasa sekarang atau masa sebelumnya.

Contoh dari aset investasi jangka panjang adalah investasi yang dilakukan sebuah perusahaan ke perusahaan lain, maka dari itu perusahaan yang melakukan investasi harus mencatat berapa jumlah aset yang di investasikan dalam laporan neraca usaha yang dimilikinya

Penggunaan Aset

Tidak hanya untuk disimpan saja, tentunya aset memiliki kegunaan yang dimana penggunaan aset harus menguntungkan pemiliknya. ada 2 bentuk kegunaan dari aset yaitu untuk operasioanl dan untuk non operasional.

A. Aset Operasional

Aset operasi atau operasional adalah aset yang digunakan untuk operasional atau digunakan sehari-hari, baik itu untuk kebutuhan pribadi maupun untuk dipergunakan untuk kebutuhan bisnis dari perusahaan.

B. Aset Non Operasional

Aset ini adalah kebalikan dari aset operasional, aset non operasional tidak digunakan untuk keseharian. contoh dari aset non operasional adalah surat berharga, Deposito, investasi.

itu dia sedikit penjabaran mengenai aset dan jenisnya semoga setelah kalian membaca artikel ini, kalian bisa lebih mengerti lagi tentang pengertian aset itu sendiri. Untuk selanjutnya nantinya saya akan membuat berbagai macam artikel yang berhubungan mengenai aset atau investasi jadi untuk teman-teman bisa mengunjungi web asetbro.com ini untuk mendapatkan artikel terbaru mengenai financial atau masalah masalah yang berhubungan dengan Financial.

Jika ada yang masih ingin ditanyakan mengenai pengertian aset ini, kalian bisa bertanya dikolom komentar.

Sumber tulisan : Diolah dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *