Rumus Return on Equity

Rumus Return on Equity (ROE) dan Pengertiannya

Diposting pada

Rumus Return on Equity – Dalam dunia investasi khususnya pada investasi saham pasti sudah sangat familiar sekali dengan yang namanya Return on Equity atau kalau biasa saya singkat dengan sebutan ROE.

Namun, jika kalian masih baru dan belum mengetahui tentang apa itu ROE? Bagaimana cara menghitung ROE? Bagaimana Rumus ROE itu? pada artikel ini akan saya bahas secara mudah dan lengkap tentang Return on Equity ini.

Pengertian Return on Equity (ROE)

Return on Equity (ROE) ini merupakan salah satu metode perhitungan yang ada dalam Rasio Profitabilitas.

ROE (Return on Equity) adalah perhitungan rasio yang menjabarkan kemampuan suatu perusahaan dalam mendapatkan keuntungan bersih dengan menggunakan modal sendiri untuk pemilik perusahaan maupun untuk investor.

Dalam bahasa Indonesia arti dari return on equity ini berarti pengembalian ekuitas.

ROE sendiri biasanya memiliki nilai yang di berikan dalam ukuran (%) Persen. Jika ROE sebuah perusahaan mendekati 100% bisa di bilang perusahaan tersebut adalah perusahaan yang bagus.

Return on Equity sendiri di pengaruhi oleh besar kecilnya sebuah perusahaan, jika perusahaan kecil pasti perusahaan tersebut memiliki modal yang kecil, sehingga nilai dari ROE nya pun Kecil.

Namun Sebaliknya jika perusahaan tersebut adalah perusahaan besar nilai dari ROE nya pun bisa di katakan besar.

Tetaapi jika kamu memang ingin mengetahui nilai ROE sebuah perusahaan besar maupun kecil kamu perlu belajar mengenai Rumus Return on Equity atau rumus ROE ini.

Rumus Return on Equity (Rumus ROE)

Return on Equity ROE = (Laba bersih / Ekuitas) × 100%

Dalam rumus ROE sendiri ada 2 point besar yang di gunakan didalam rumus Return on Equity itu sendiri, yang pertama adalah nilai dari  laba bersih dan ekuitas.

IAI atau Ikatan Akuntan Indonesia, menyebutkan jika laba bersih dari perusahaan adalah salah satu indikator yang di pakai dalam mengukur kinerja dari perusahaan.

Dan Ekuitas adalah merupakan besaran hak yang wajib di keluarkan oleh pemilik usaha terhadap harta yang di miliki perusahaan.

Contoh Soal Perhitungan Return On Equity

pengertian dan contoh perhitungan ROE

Laporan dari PT Asetbro Indonesia pada tanggal 1 Januari 2021 menunjukkan bahwa perusahaan tersebut bergerak di bidang digital marketing, Bisa menghasilkan keuntungan bersih sebesar 100 juta. Dan ekuitas pemilik saham dari PT asetbro rata-rata adalah 80 juta.

Berapa nilai ROE dari PT asetbro ?

Jawab :

Rumus Return on Equity = (Laba bersih / Ekuitas) x 100%

Return on Equity (ROE) = (100.000.000 / 80.000.000) x 100%

Return on Equity (ROE) = 125%

Dari hasil perhitungan ROE di atas didapatkan nilai Return on Equity (ROE) = 125%. Yang artinya nilai dari 1 rupiah ekuitas pemegang saham, PT Asetbro dapat mengolah 1 rupiah tadi menjadi 1.25 rupiah.

Melihat dari hasil perhitungan rumus return on equity, nilai ROE nya bagus karena memiliki nilai di atas 100% PT Asetbro merupakan sebuah perusahaan yang efektif dalam menghasilkan keuntungan. Dengan begini para investor amat sangat disarankan untuk berinvestasi di PT Asetbro.

Cara Menggunakan Rumus Return on Equity Untuk Analisa Investasi

1. Melihat Nilai ROE Perusahaan Selama 5-10 Tahun.

Dengan melihat nilai ROE sebuah perusahaan selama 5-10 tahun kebelakang berguna untuk kamu mengetahui perjalanan perusahaan tersebut. Dengan begitu kamu bisa mengetahui apakah kamu akan memberikan dana ke perusahaan tersebut atau tidak.

Jika kamu setelah menghitung dengan Rumus Return on Equity dan di dapatkan nilai ROE yang berada mendekati 100% atau bahkan di atas itu, kamu bisa berinvestasi pada perusahaan tersebut.

2. Bandingkan Perusahaan Yang Kamu Hitung

Maksudnya di sini adalah kamu bisa membandingkan nilai dari ROE perusahaan satu dengan perusahaan yang lainnya. Kamu wajib membandingkan antara dua perusahaan atau lebih yang memiliki bidang industri yang sama.

Bagi pemilik suatu perusahaan ROE ini merupakan indikator penting pada perusahaan untuk mengetahui perusahaan yang kamu miliki efektif atau tidak. Jika perusahaan yang kamu miliki baik nilai ROE nya, bisa dipastikan bahwa akan banyak investor yang menginvestasikan dananya ke perusahaan yang kamu miliki.

Itu dia pembahasan mengenai apa itu ROE dan cara menghitung ROE dengan rumus Return on Equity, semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kamu dalam proses analisa saat ingin berinvestasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *