pengertian vendor adalah

Pengertian Vendor : Jenis dan Fungsinya Yang Wajib Diketahui

Diposting pada

Bagi sebagian orang, mungkin sudah sering mendengar apa pengertian vendor namun belum tahu apa arti secara utuhnya. Di dunia bisnis, istilah vendor memang bisa di anggap sudah tidak asing lagi. S

Istilah vendor sendiri di artikan merupakan pihak baik itu perorangan maupun lembaga yang bertugas untuk menyediakan maupun menjual bahan. Di samping itu, vendor juga umumnya menjual bahan pembantu, jasa, maupun produksi yang selanjutnya di jual oleh perusahaan lain dalam menunjang aktivitasnya.

Pengertian Vendor

Sejarah lebih rinci, pengertian vendor merupakan pihak baik itu perorangan maupun lembaga yang memberikan penyediaan bahan baku dalam memenuhi kebutuhan bisnis. Bahan yang disediakan mereka diperlukan oleh perusahaan lainnya untuk aktivitas produksi. Biasanya, banyak orang yang menyebut vendor ini sebagai distributor atau supplier.

Perlu diketahui juga, selain menyediakan bahan baku perusahaan vendor kerap menyuplai barang barang setengah jadi. Bahkan, selain berbentuk barang, banyak vendor yang menyediakan pelayanan jasa yang bisa di pesan sesuai kebutuhan.

Contohnya, kamu mempunyai perusahaan smartphone yang cukup terkenal. Dalam kasus ini, tanda memerlukan komponen LCD yang harus sesuai spesifikasi. Berikutnya, kamu menjalin kerjasama dengan perusahaan yang menyediakan komponen LCD tersebut. Maka, perusahaan tersebut bisa dikatakan merupakan vendor.

Jenis-Jenis Vendor

Setelah kamu paham apa itu pengertian vendor, berikutnya kita akan membahas tentang apa saja jenis-jenisnya. Secara umum, vendor ini terbagi menjadi dua jenis yaitu vendor barang atau jasa.

1. Vendor Barang

Jika dilihat dari namanya, kamu sudah bisa memahami produk yang dihasilkan perusahaan ini. Vendor penyedia barang, adalah perusahaan atau perorangan yang menjual bahan baku kepada perusahaan yang bermitra dengannya. Contohnya, kamu mempunyai sebuah perusahaan perlu mesin-mesin yang dipakai dalam kegiatan produksinya. Maka, untuk memperoleh mesin ini maka perlu vendor yang menyediakan mesinnya.

 2. Vendor Jasa

Jenis vendor yang satu ini adalah perorangan atau lembaga yang menjual keahlian atau jasa untuk perusahaan lain. Contohnya, sebuah perusahaan memerlukan jasa ekspedisi dalam pengantaran produk ke berbagai daerah. Maka, perusahaan ini perlu mencari jasa pengiriman berkualitas untuk mengirimkan barang ke tangan pelanggan.

Fungsi Vendor

Berdasarkan pengertian vendor yang sudah kami jelaskan di atas, maka fungsi vendor memang untuk menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh mitranya bisa dipenuhi. Jangan sampai ada kejadian di mana terjadinya kekosongan barang yang menghambat proses produksi.

Sehingga, dapat dikatakan juga perusahaan yang tidak bisa mencukupi keperluan bahan baku produksi sangat membutuhkan vendor dalam penyediaan ini. Seperti yang telah diketahui, dalam proses produksi memang memerlukan komponen-komponen barang yang tidak bisa dihasilkan sendiri oleh perusahaan. Di sini, adanya vendor sangatlah penting agar proses produksi ini tetap berjalan sebagaimana mestinya dan lancar.

Kalau ada hal yang terhambat di vendor, maka akan langsung memberikan dampak pada perusahaan mitranya tersebut. Jika memang sudah sangat menghambat, bisa jadi akan dilakukan pemutusan kerjasama. Hal ini akan merugikan kedua belah pihak. Bagi vendor dia akan kehilangan klien atau mitra, sedangkan bagi perusahaan yang memakai jasanya tentu harus mencari vendor lain dan mungkin perlu waktu.

Tanggung Jawab Vendor

Tanggung jawab yang jujur memang cukup besar dalam memenuhi kebutuhan perusahaan. Secara terperinci, Berikut ini beberapa tanggung jawab yang harus dipenuhi:

  • Harus mampu memenuhi permintaan perusahaan mitranya dengan kesepakatan bersama.
  • Memastikan barang atau jasa yang disediakan berkualitas.
  • Memastikan pengiriman barang tepat waktu sesuai kesepakatan.
  • Berusaha memberikan pelayanan terbaik dengan harga yang bersaing untuk perusahaan yang loyal bekerja sama.

Untuk memperoleh vendor berkualitas memang tidak boleh sembarangan. Kamu harus memastikan sejumlah hal dahulu. Pastikanlah untuk mengecek variasi produk yang ada di dalamnya. Berikutnya, apakah harganya sesuai standar yang ada di pasaran sekarang? bagaimana kapasitas pelayanannya? Apakah menyediakan customer service atau kontak yang bisa di hubungi kapan saja? dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, jenis vendor, dan fungsi vendor. Dengan semakin pesatnya perekonomian dan perusahaan, maka keberadaannya semakin dibutuhkan dalam mencukupi berbagai kebutuhan perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *