perbedaan kreatif dan inovatif

Perbedaan Antara Kreatif dan Inovatif Beserta Contoh

Diposting pada

Apa perbedaan dari kreatif dan inovatif?

Banyak dari masyarat Indonesia yang masing menganggap kedua istilah tersebut memeliki arti yang sama, padahal antara kreatif dan inovatis merupakan dua hal yang berbeda.

Maka dari itu blog asetbro akan memberikan penjelasan mengenai perbedaan antara inovatif dan kreatif, apa maksud dari kreatif dan inovatif?, hubungan antara kedua kata tersebut, serta contoh dari kreatif dan inovatif itu sendiri.

Sebelum mempelajari perbedaan kedua kata tersebut kita perlu tau arti, pengertian dan maksud dari masing-masing kata yang sedang kita cari perbedaannya. Oleh karena itu pertama-tama akan saya bahas mengenai arti antara kreatif dan inovatif

Apa yang dimaksud dengan kreatif dan inovatif ?

Apa itu Kreatif ?

Kata kreatif sendiri menurut KBBI memiliki arti Memiliki kemampuan untuk menciptakan, Secara panjang makna dari kata kreatif sendiri adalah sebagai proses penciptaan dengan menggunakan kemampuan fikiran untuk mendapatkan hal baru contohnya ide, pemikiran, sebuah karya dan sebagainya.

Apa itu Inovatif ?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah bersifat memperkenalkan yang baru. arti lainnya dari inovatif adalah upaya seseorang untuk menggunakan pikiran, imajinasi, untuk menciptakan produk baru baik untuk dirinya maupun lingkungannya.

Perbedaan Kreatif dan Inovatif

perbedaan kreatif dan inovatif 2

Perbedaan mendasar antara kreatif dan inovatif adalah bahwa kreatif mengacu pada ide dan rencana baru, dan inovatif berarti membawa hal-hal baru ke pasar yang belum pernah ada sebelumnya.

Kreatif dapat kita definisikan sebagai kemampuan untuk memahami sesuatu yang unik atau asli, tetapi inovatif kita pandang sebagai aplikasi dari sesuatu yang baru.

Dengan kata lain, kreatif adalah mimpi dan kita capai melalui inovasi.

Keduanya sebenarnya memiliki arti yang berbeda, namun saling bergantung satu dengan yang lainnya.

Kreatif adalah kata yang berasal dari kata Latin “creo” dan berarti menciptakan.

Kata inovatif juga berasal dari kata latin “Innovationem”, yaitu nama karya dengan istilah Innovare.

Innovare (Latin) sendiri berarti perubahan atau pembaruan.

Hubungan Kreatif dan Inovatif dalam kewirausahaan

Memanfaatkan ide dan inovasi baru dalam kewirausahaan sangat penting karena dapat meningkatkan kinerja dan keuntungan yang besar.

Kreatif dan inovatif membantu perusahaan mengembangkan produk yang dapat memenangkan persaingan bisnis yang ketat saat ini.

Agar kedua hal ini tumbuh secara internal, perusahaan harus mampu mendorong karyawan untuk menggali ide-ide baru dengan membiarkan mereka mengembangkan konsep-konsep baru.

Perusahaan dapat melibatkan semua karyawan dalam pencarian ide-ide kreatif. Karena terkadang ide-ide bisnis yang hebat datang bersama mereka.

Intinya perusahaan harus menerapkan budaya pada karyawannya untuk mencari ide-ide kreatif dimanapun mereka berada.

Contoh Kreatif dan Inovatif

contoh kreatif dan inovatif

Contoh Kreatif

Kreativitas dapat terwujud kapan saja, di mana saja. Pengaplikasiannya bisa kita mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks. Berikut adalah beberapa contoh kreativitas yang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Kamu dapat mengubah drum sesuai dengan kreativitas kamu. Misalnya, buatlah bangku cantik di ruang tamu kamu. Tentu saja, mengubah drum menjadi bangku yang indah membutuhkan proses kreatif seperti pengecatan ulang dan pemberian perhiasan yang indah.
  • Barang-barang yang rusak seperti roda sepeda dapat digunakan sebagai gantungan. Roda sepeda yang tidak terpakai dapat digantung pada pakaian kering dari tiang panjang.
  • Contoh kreativitas lainnya adalah membuat taman vertikal dengan botol bekas. Langkah ini dilakukan karena keterbatasan bentang alam, terutama di daerah padat penduduk. Atau istilah sekarang kita menyebutnya dengan hidroponik, jika kita geluti dengan matang metode tanam ini bisa menjadi merupakan salah satu ide bisnis yang berhubungan dengan pertanian.

Masih banyak contoh kreativitas lainnya yang bisa kamu lakukan. Mulailah berimajinasi dan berkreasilah dengan barang-barang yang tidak terpakai di sekitar kamu.

Contoh Inovatif

Contoh inovasi ini dapat kita temukan pada penemuan-penemuan di seluruh dunia. Salah satunya mengacu pada penemuan pesawat. Proses inovasi tidak terbatas pada penciptaan pesawat pertama yang berhasil.

Seiring berjalannya waktu, inovasi penerbangan akan terus terjadi. Oleh karena itu, ada banyak perbedaan antara pesawat masa lalu dan modern.

Selain itu, penemuan telepon juga dapat bisa kita jadikan contoh. Pada awalnya itu adalah alat komunikasi biasa, tetapi sekarang telepon multifungsi. Ponsel ini dapat kita gunakan untuk mendengarkan musik dan menulis dokumen.

Inovasi tidak terbatas pada kata “penemuan”. Selain itu, inovasi dapat kita temukan di bidang lain seperti bisnis. Contoh inovasi dalam bisnis termasuk ide-ide baru dari perusahaan yang berbeda.

Ide-ide baru bagi para pelaku usaha dan pengusaha terus bermunculan untuk mengembangkan kegiatan usahanya. Pada kenyataannya, perlu keterampilan untuk mengatur ide-ide ini secara sistematis agar tidak berantakan.

Dalam lingkungan bisnis, mungkin salah satu dari ratusan ide hebat hanya ada satu yang menjadi sebuah inovasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *