PILIHAN JENIS INVESTASI JANGKA PANJANG DAN PENDEK

Jenis Investasi Jangka Panjang dan Pendek Yang Bikin Untung

Diposting pada

Beragam pilihan investasi jangka panjang yang wajib kamu ketahui untuk kamu yang ingin berkecimpung pada dunia investasi untuk mengelola keuangan mu. Banyak cara untuk menyimpang uang yang kamu punya, selain menabung, kegiatan investasi bisa kamu jadikan pilihan agar uang yang kamu punya tidak hilang sia-sia.

Saat ini banyak investasi jangka panjang yang mulai merangkak naik yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menanamkan modal menggunakan  uang yang kamu miliki.

Jika kamu bisa tepat dalam memilih tempat untuk berinvestasi dan pintar mengelolanya, nantinya kamu akan mendulang keuntungan yang besar dari penanaman aset di platform yang kamu gunakan.

Untuk membantu kamu dalam memilih investasi jangka panjang dan pendek yang cocok untuk kalian, berikut kami ulas secara lengkap.

Pilihan Jenis Instrumen Investsi Jangka Panjang

INVESTASI JANGKA PANJANG

Sebelum masuk lebih dalam jenis investasi, Apasih investasi jangka panjang itu? jadi investasi jangka panjang dalam artian simple membutuhkan modal yang cukup besar. Selain itu investasi jenis ini memiliki pergerakan yang lambat namun dapat kamu pastikan hasil yang akan kamu terima berjumlah besar.
Langsung saja ini dia pembahasan investasi jangka panjang dan contohnya :

1. Emas

Jenis investasi ini cocok untuk kamu yang ingin investasi jangka panjang namun dapat memiliki bentuk fisiknya. Harga emas yang terus naik dari tahun ke tahun sangat pas untuk bisa kamu jadikan pilihat meraup keutungan secara perlahan namun pasti.

Selain kamu bisa berinvestasi emas dengan memiliki betuk fisika, untuk pemula yang baru berkecimpung di dunia ini, kamu bisa meulai investasi emas secara digital di banyak platform seperti Shopee, Tokopedia ataupun Pegadaian.

Berinvestasi emas secara digital, kamu bisa membeli emas dengan minimal berat emas sebesar 0,01 gr dengan kisaran harga kurang dari Rp 9.000. dengan pembayaran yang bisa kamu lakukan melalui ATM hal ini sangat membantu proses investasi emas secara online. Cukup murah untuk kamu yang masih ragu terjun ke dunia investasi.

Kamu juga bisa mencetak fisik emas sesuai dengan berat emas yang sudah kamu simpan secara digital tersebut. Sangat mudah sekali bukan? Investasi jenis ini bisa kalian coba apalagi dengan adanya kemudahan dari teknologi digital.

2. Properti

Sudah tidak kita ragukan lagi jika harga seperti tanah, rumah, apartemen dan lainya harganya terus melambung naik. Semakin menyempitnya lahan kosong di bumi yang menyebabkan harga properti bangunan terus melambung tinggi dari waktu ke waktu.

Hal tersebut yang menyebabkan properti bangunan ini bisa kamu jadikan pilihan yang tepat untuk investasi jangka panjang. Walau investasi jenis ini cenderung mewajibkan kamu untuk mengeluarkan modal dalam jumlah yang besar, namun dapat asetbro pastikan aset yang kamu miliki sekarang harganya akan naik berkali-kali lipat melambung tinggi nantinya.

Kelebihan dari properti ini kamu bisa mendapatkan keuntungan jika property yang kamu miliki kamu sewakan. Uang sewa yang kamu dapatkan nantinya akan sangat membantu jika properti yang kamu punya masih dalam pencicilan untuk melunasinya. Sangat bermanfaat bukan? Harganya akan terus naik berbanding lurus dengan keuntungan yang kamu dapat dari uang sewa.

3. Saham

Pilihan investasi jangka panjang selanjutnya adalah saham. Jika kamu ingin merasakan memiliki sebuah perusahaan tanpa perlu turun tangan untuk mengurusi operasionalnya, investasi jangka panjang perusahaan yang satu ini dapat kalian coba dengan membeli saham yang harganya sudah mereka cantumkan.

Dengan membeli saham tersebut berarti kamu telah menanamkan modal bagi keberlangsungan bisnis sebuah perusahaan dan kamu berhak untuk menikmati hasil keuntungan yang kamu dapatkan perusahaan tersebut.

Pembagian keuntungan antara pemilik perusahaan dengan orang yang menanamkan modal melalui saham yang bisa kita sebut deviden. Deviden ini bergantung pada divindend payout dan divindend yield.

Artikel tentang saham yang bisa kamu baca :

4. Reksadana

Jenis investasi yang satu ini cocok kamu jadikan pilihan tepat di dunia investasi. Dengan menanamkan uang di Reksadana mereka secara otomatis mereka akan mengatur dan membuat strategi sendiri bagaimana uang yang kamu tanam akan meraup keuntungan yang besar.

Selain itu tingkat resiko yang rendah pada jenis investasi yang satu ini sangat aman untuk kalian coba untuk mencari pengalaman, namun harus tetap kita sertai dengan pemilihan jenis reksadana yang tepat sesuai dengan Otoritas Jasa Keuangan atau biasa disingkat OJK.

Kamu juga bisa mencairkan uang yang kamu miliki di reksadana kapanpun kalian mau. Walaupun di awal ada penentuan jatih tempo, kalian tetap bisa mencairkan hak uang yang kalian punya tanpa terkena potongan biaya lainya.

5. Obligasi

Pasti bagi sebagian kalian masih merasa asing dengan kata obligasi. Untuk kamu yang belum tahu obligasi itu apa, jadi obligasi merupakan sebuah surat hutang yang bisa kamu dapatkan dari sebuah perusahaan ataupun pemerintah.

Jadi dengan kata lain kamu meminjamkan atau membayarkan hutang dari suatu instansi tertentu dan kemudian mereka akan membayarkan sesuai waktu tenggat jatuh tempo yang telah ditetapkan diawal beserta bunganya jika ada.

Jenis investasi jangka panjang terbaik satu itu cukup membutuhkan modal yang sangat besar karna kamu harus membayarkan hutang dari tempak yang kamu jadikan obligasi. Biasanya pelunasan hutang ini membutuhkan waktu tenor cicilan mulai dari 5 tahun hingga puluhan tahun tergantung dari besarnya angka hutang.

Baik itu dia 5 jenis investasi jangka panjang yang bisa kalian coba dan dapat kamu sesuaikan dengan budget yang bisa kamu keluarkan di dunia investasi ini.
Investasi jangka panjang berapa lama tergantung dari jenis apa investasi apa yang akan kamu gunakan, bisa dalam hitungan bulan maupun puluhan tahun seperti obligasi.

Pilihan Jenis Investasi Jangka Pendek

investasi jangka pendek

Kebalikan dari investasi jangka panjang, investasi jangka pendek adalah investasi yang relatif membutuhkan modal yang sedikit untuk memulainya. Jika kamu lihai mengolah Investasi jangka pendek kamu akan mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Namun sebaliknya kamu akan kelihan uang yang kamu miliki dalam waktu cepat juga. Tanpa berlama-lama ini dia ragam jenis investasi jangka pendek yang dapat kalian coba langsung.

1. Deposito

Deposito atau yang berasal dari kata deposit berarti kamu menyimpat dana kamu dan akan disimpan dengan periode yang kamu pilih dan baru bisa dicairkan saat periode itu berakhir. Investasi jangka pendek adalah investasi

Keuntungan dari investasi deposito ini kamu akan memperoleh suku bunga dari jumlah besarnya dana yang kamu deposit.

2. Fintech Peer to Peer (P2P) Lending

P2P Ini jenis investasi yang menjadikan kamu sebagai investor bagi para pemilik usaha UMKM. Dengan kata lain kamu bisa mendulang keuntungan dari suku bunga yang telah ditetapkan sekaligus bisa membantu para pelaku UMKM dalam memajukan usaha yang mereka miliki.

Baik itu dia jenis investasi jangka panjang dan pendek yang dapat kamu pilih untuk berinvestasi. Jadi apakah kamu sudah menentukan pilihan mau mencoba yang mana? jika kamu sudah menjalankan investasi yang sudah asetbro tulis ini, kamu bisa memberi tahu para pembaca pada instrumen mana kamu menaruh uangmu.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *