Resep Makanan Unik dan Kreatif Yang Bisa Jadi Ide Jualan

Diposting pada

Resep Makanan Unik dan Kreatif Yang Bisa Jadi Ide Jualan – Selamat datang di blog asetbro ini, kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai resep makanan unik dan kreatif yang bisa menjadi ide jualanmu.

Pada saat pandemi seperti sekarang ini, usaha kuliner menjadi usaha yang menjanjikan dan akan terus berkembang. Hampir sebagian masyarakat Indonesia sering berburu resep makanan ringan kekinian yang sedang unik dan viral.

Sebelum memulai terjun ke dalam bisnis atau usaha kuliner, sebaiknya kita harus menyiapkan persiapan terlebih dahulu. Persiapan ini bisa kamu mulai dari menyiapkan ide makan apa yang ingin kamu jual, setelah menemukan ide, hal yang perlu kamu persiapkan adalah mencari peluang.

Apakah peluang ide bisnis dan usaha kuliner anda sedang digemari oleh masyarakat atau anda mempunyai resep makanan unik dan menarik yang sebelumnya tidak ada.

Selanjutnya, hal yang perlu kamu perhatikan adalah membuat perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan perlu kamu perhatikan karena seorang yang memulai bisnis atau usaha kuliner dapat terhindar dari kerugian. Usaha makanan unik dengan modal kecil merupakan cara yang banyak di gunakan oleh para pemula untuk menjadi pengusaha kuliner.

4 List Resep Makanan Unik dan Kreatif

1. Pisang Twister

RESEP MAKANAN UNIK DAN KREATIF PISANG TWISTER

Pisang merupakan buah yang banyak di gemari oleh kalangan masyarakat, selain rasanya yang manis pisang juga dapat kita jadikan berbagai macam olahan makanan. Selain itu harga pisang yang tergolong murah menjadikan salah satu pilihan usaha yang menguntungkan dan menjanjikan.

Cara membuat makanan  simple dan murah dapat kita mulai dengan membuat pisang twister. Dengan bahan yang sedikit dan tidak membutuhkan modal yang banyak pisang twister merupakan ide jualan yang menarik.

Bahan Pisang Twister

  • Pisang kepok kuning/ Pisang Uli satu sisir
  • Tepung terigu protein sedang 500 gram
  • Garam 1 sendok teh
  • Susu Bubuk Putih 1 sachet (27 gram)
  • Ragi Instan 1 sdt (5 gram)
  • Air 230 ml
  • Gula Pasir 8-9 sdm (80 gram)
  • Mentega putih
  • Pewarna makanan coklat

Langkah-langkah membuat pisang twister :

  1. Campurkan tepung terigu protein sedang sebanyak 500 gram,  susu bubuk sebanyak 1 sachet atau 27 gram, gula pasir 80 gram dan ragi instan sebanyak 1 sendok teh atau 5 gram. Aduk hingga tercampur rata setelah tercampur rata masukan air sedikit demi sedikit hingga menggumpal.
  2. Setelah semua tercampur dan menggumpal, tambahkan  garam 1 sendok teh dan masukan mentega putih sampai benar-benar kalis. Setelah kalis bagi dua bagian untuk kita berikan pewarna. Bagian satu kita berikan pewarna makanan coklat dan yang satunya biarkan seperti adonan tanpa kita campur pewarna
  3. Dua bagian adonan tersebut kita tunggu selama 5-10 menit dan selanjutnya kita bisa tutup menggunakan kain hingga mengembang. Setelah mengembang potong adonan kecil dan memanjang.
  4. Siapkan pisang yang telah telah kamu kupas, lalu lilitkan kedua adonan tadi sampai pisang tertutup dengan adonan. Tunggu selama 10 menit.
  5. Setelah kita tunggu selama 10 menit, goreng pisang twister sampai berwarna coklat keemasan. Dan pisang twister siap kita hidangkan.

2. Seblak Kering

RESEP MAKANAN UNIK DAN KREATIF SEBLAK KERING

Indonesia terkenal dengan makanan yang sangat bervariatif salah satunya adalah makanan pedas. Kuliner dengan cita rasa pedas memang banyak diburu oleh para pecinta kuliner. Tidak heran banyak usaha kuliner yang membuat tingkat kepedasan pada makanannya.

Seblak merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Biasanya seblak kita hidangkan dengan kuah atau bisa juga rebus. Tetapi ide jualan satu ini dapat membuat anda berbeda dari yang lain. Berikut ini merupakan resep makanan ringan pedas yaitu seblak kering.

Bahan Seblak Kering

  • Kerupuk 250 gram
  • Bawang Putih 4 siung
  • Daun jeruk purut 8 lembar
  • Kencur 4 buah
  • Penyedap rasa
  • Cabai bubuk

Langkah-langkah

  1. Masukan kerupuk di dalam wajan yang sudah berisi minyak tanpa kita panaskan terlebih dahulu. Rendam kerupuk hingga 20 menit.
  2. Siapkan bawang putih, kencur dan daun jeruk yang telah kita cuci sebelumnya dan  kita goreng. Setelah kita goreng bahan di ulek hingga halus.
  3. Setelah 20 menit kerupuk yang sudah kita rendam dengan minyak, nyalakan api dan goreng kerupuk sampai matang .
  4. Tiriskan kerupuk lalu taburi bumbu halus dan kita beri penyedap serta bubuk cabai sesuai selera. Seblak kerupuk siap kita hidangkan.

3. Kue Beras Crispy

Kue beras krispy kali ini terinspirasi dari makanan khas korea yaitu Topokki. Topokki khas korea merupakan cemilan berbahan dasar dari tepung beras. Cemilan ini memberikan rasa kenyang walaupun termasuk cemilan ringan.

Tekstur dari topokki sangat kenyal berbentuk batang atau silinder. Namun berbeda dengan topokki, kue beras krispy ini merupakan cemilan ringan dengan tekstur garing pada lapisan luar dan lembut di dalam.

Berikut resep makanan ringan goreng yaitu kue beras crispy

Bahan – bahan

  • Tepung ketan 200 gram
  • Santan 1 sachet
  • Garam 1 sendok teh
  • Air 8 sendok makan

Bahan Pencelup

  • Tepung terigu 100 gram
  • Air 150 ml
  • Garam sejumput
  • Tepung panir 250 gram
  • Keju slice

Langkah-langkah Membuat kue beras crispy

  1. Siapkan panci yang sudah berisi dengan santan 1 sachet lalu campurkan air sekitar 8 sendok makan dan sejumput garam masak hingga mendidih.
  2. Sambil menunggu mendidih, siapkan wadah yang berisi tepung ketan sebanyak 200 gram. Tuang santan yang sudah mendidih kedalam tepung ketan sedikit demi sedikit sambil kamu aduk agar membentuk butiran.
  3. Uleni adonan dengan tangan, setelah berbutir adonan bisa kita kukus dengan bantuan kain bersih. Kukus hingga 25 menit.
  4. Potong adonan berbentuk segi panjang dan tusuk seperti sate. Setelah kita tusuk adonan yang kita balut dengan keju slice.
  5. Untuk bahan pencelup, tuang tepung terigu 100 gram bersamaan dengan air 150 ml lalu kamu aduk hingga tercampur rata. Berikan garam sejumput.
  6. Setelah bahan pencelup siap, adonan kue beras yang berbentuk sate kita celupkan hingga merata dan kita balut dengan tepung panir.
  7. Panaskan minyak dan goreng adonan kue yang sudah kita lumuri tepung panir hingga warna keemasan. Kue beras crispy siap kita hidangkan.

4. Jamur Kriuk

Jamur merupakan makanan yang bergizi dan mempunyai manfaat bagi kesehatan. Jenis jamur tiram adalah jamur yang banyak dikonsumsi di Indonesia karena mengandung anti dan mengandung vitamin D2.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, Jamur tiram ini bisa dijadikan makanan ringan kekinian untuk dijual. Selain harganya murah jamur juga bisa dijadikan snack untuk mengisi waktu luang disaat sedang bersantai. Ide jualan snack jamur juga sangat menguntungkan karena dengan modal yang sedikit akan mendapat untung yang banyak.

Berikut resep makanan ringan snack yaitu jamur crispy

Bahan membuat jamur kriuk

  • 1 bungkus Jamur tiram
  • Tepung Maizena 30 gram
  • Tepung terigu 150 gram
  • Merica bubuk 1 sendok teh
  • Minyak untuk menggoreng
  • Penyedap rasa

Langkah-langkah membuat jamur kriuk

  1. Cuci jamur hingga bersih, lalu peras dan tiriskan jamur agar air berkurang.
  2. Masukkan ke dalam wadah tepung maizena, tepung terigu, penyedap rasa, merica bubuk dicampur hingga merata.
  3. Jamur yang sudah ditiriskan dicelup kedalam adonan tepung.
  4. Panaskan minyak dan goreng jamur dengan api sedang hingga warna keemasan dan sajikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *