TIPE INVESTOR

3 Tipe Investor Dalam Dunia Investasi Yang Harus Kamu Tahu

Diposting pada

Tipe Investor – dalam dunia investasi, pasti kamu sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah investor? pada kesempatan kali ini, asetbro ingin mengulas tentang investor tipe investor yang ada di dunia investasi serta hal-hal yang masih berhubungan dengan tipe investor ini. Mari kita simak artikelnya :

Hubungan Kerja Antara Investor dan Investee

Investor adalah sebutan yang kita tunjukkan pada seseorang yang melakukan investasi pada sebuah bisnis atau perusahaan investor lainnya. Pada umumnya, sebutan investor lebih tepatnya kita sebutkan kepada induvidu atau kelompok yang menanamkan modal pada suatu bisnis atau perusahaan.

Pada dasarnya tugas utama seorang investor adalah menanamkan modal. Seorang investor akan menginvestasikan danannya pasa sebuah perusahaan maupun bisnis. Tempat penanaman modal itu bisa kita sebut dengan investasi. Investasi ini akan mendapatkan timbal hasil atas aktivitas investasi yang kita lakukan.

Tugas investee adalah menggunakan serta mengolah modal yang ditanamkan untuk menjalankan sebuah bisnis. Imbal hasil yang akan diperoleh investee kemudian hari akan mereka kembalikan bersamaan dengan kembalinya modal investor. Jadi, di sinilah terjadi simbiolisis mutualisme antara kedua pihak dimana sama-sama memberikan keuntungan. itu dia hubungan antara investor dan investee.

Jenis-Jenis tipe Investor dalam dunia Investasi

Jenis-Jenis tipe Investor dalam dunia Investasi

Dalam dunia investasi, ada sebuah yang disebut dengan profil risiko. Apa yang disebut profil risiko? Pada dasarnya, profil risiko merupakan sebuah istilah untuk menyatakan tingkatan seberapa besar seseorang bisa menoleransi suatu risiko dalam berinvestasi.

Dalam berinvetasi mungkin ada yang sanggup menghadapi risiko tinggi, tapi ada pula yang tdaka sanggup menghadapi risiko rendah. Berdasarakan profil risikonya, Investor dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

Ada 3 jenis tipe investor :

  • Konservatif
  • Moderat
  • Agresif

Berikut penjelasan secara detail mengenai ke tiga tipe investor tersebut :

1. Tipe Investor Konservatif

Investor konservatif adalah seorang tipe investor yang memilki profil risiko yang paling rendah. Karakteristik dari tipe investor ini adalah selalu menginginkan sebuah investasi yang aman, tingkat pengembalian yang stabil, dan akan sangat takut apabila investasi pokoknya berkurang.

Investor Konservatif cenderung memilih sebuah investasi yang stabil dan mempunyai risiko yang rendah atau tidak ada risiko sama sekali. Investor konservatif biasanya diduduki oleh para investor pemula dimana mereka baru saja tertarik untuk berinvestasi. Tipe investor ini cocok berimvestasi pada reksadana pasar uang. Platform ini memiliki risiko rendah dan cocok untuk para investor yang ingin berinvestasi dalam jangka waktu pendek.

Pilihan jenis investasi yang cocok jika kamu adalah tipe konservatif adalah :

  • Investasi Saham.
  • Emas.
  • Reksadana Pasar Uang.
  • Surat Berharga Negara.

2. Tipe Investor moderat

Profil risiko moderat merupakan jenis investor yang mempunyai risiko profil yang sedang. Tujuanya adalah untuk finnasial dalam jangka menenagah dan juga siap dengan kemungkinan pengembalian yang naik turun. Jenis investor ini tidak terlalu mau mengambil risiko.

Untuk tipe investor ini, mereka biasanya akan menoleransi risiko dalam melakukan investasi. Akan tetapi, untuk risiko yang besar. Setelah itu, mereka akan tetap berhati-hati dalam memilih sebuah investasi yang aman. Tipe investor moderat ini cocok untuk berinventasi pada perusahaan campuran. Hal ini juga sebenarnya sama dengan profil resiko perusahaan yang cara kerjanya tidak jauh berbeda.

Pilihan Investasi untuk tipe investor moderat :

3. Jenis Investor Agresif

Investor agresif adalah jenis investor dengan profil risiko yang sangat tinggi. Tipe investasi agresif ini siap apabila investasi pokok yang mereka keluarkan berkurang atau hilang demi imbal hasil yang rumayan tingggi. Biasanya, para investor agresif terdiri dari para investor yang sudah berpengalaman.

Tipe investor agresif akan terbiasa menghadapi fluktuasi harga pada pasar modal yang terkadang sangat ekstrim. Tipe investor ini, juga tidak pernah takut untuk menarih modal yang mempunyai risiko cukup tinggi. Mereka sangat cocok untuk berinvestasi saham dan trading crypto.

Pilihan Investasi untuk tipe investor moderat :

Manfaat Melakukan Investasi

Pada saat ini, ada banyak orang yang tertarik untuk melakukan investasi, mulai dari tipe investor saham, property dan tipe lainnya. Mereka mengganngap aktivitas ini sangat menguntungkan. Hal ini karena ada banyak manfaatnya yang bisa kamu rasakan seperti berikut ini, yaitu :

1. Jauh dari inflasi

Inflasi pasti akan terjadi dari waktu ke waktu. Kondisi ini sangar memberikan dampak terhadap penurunan nilai mata uang. Dengan menjadi seorang investor, kamu dapat membuat pertumbuhan uang lebih banyak.

2. Menambah penghasilan

Manfaat utama menjadi seorang investor adalah bisa menambah penghasilan. Dengan begitu, penghasilan kamu akan berasal dari berbagao macam sumber. kamu tentu saja bisa lebih banyak menabung dari hasil keuntungan menjadi seorang investor.

3. Membuat nilai uang bertambah

Jika kamu menabung di bank, uang akan terus menerus dipotong karena ada sistem bunga. Berbeda dengan bank, dengan berinvestasi maka kamu bisa mengatur sendiri keuangan kamu dan selalu meningkatkan nilainya. Dengan begitu, uang akan semakin bertambah banyak.

4. Merdeka dari segi finasial

Siapa sih yang tidak mau merasa merdeka dalam hal finnacial? Dikatakan merdeka jika keadaan finnasial kamu sudah bisa mencukupi segala kebutuhan sehari-hari. Untuk bisa mencapainya, kamu bisa ikut program investor.

Cara Berinvestasi Yang Tepat

Pada saat ini ada banyak sekali jasa layanan investasi yang banyak berkembang, Bagi para investor pemula mungkin masih sedikit bingung dan asing mengenai cara berinvestasi yang benar. Berikut ini ada beberapa tips menjadi seorang investor ya tepat yaitu :

1. Pilih platform investasi yang benar dan aman

Pada dasarnya, beriventasi sama dengan menanam pohon. Ketika pertama kali melakukan investasi, kamu harus bernar-benar menyeleksi platform investasi yang bekualitas dan aman. kamu tidak akan mengalami kerugian,

2. Menanamkan midest yang benar

Ketika berinvestasi kamu harus mempunyai sifat pantang menyerah, optimis, dan berani dalam mengambil risiko. Mindset yang bagus akan mempengaruhi kesuksesan anda dalam berinvestasi. Selain itu, dibutuhkan juga sikap kerja keras, selalu upgrade pengalaman, mempeluas jaringan dan lainnya.

3. Memilih investasi yang tepat

Pada dasarnya ada banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih. Misalnya saja investasi saham, property dan lainnya. kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan kamu dan jangan lupa memperhatikan keuntungannya juga ya.

4. Berinvestasi dari hal kecil terlebih dahulu

Segala sesuatu memang harus di mulai dari hal yang dasar terlebih dahulu,tidak terkecuali dalam hal berinvestasi. Apabila kamu adalah investor pemula, maka sebaiknya melakukan investasi dari hal yang kecil dulu. kamu harus terus mengembangkannya hingga menjadi investasi yang besar dan menguntungkan.

5. Tidak diperbolehkan untuk terlalu sering memantau

Jika kamu ingin berinvestasi secara tenang maka kamu bisa menerapkan hal ini. Terlalu sering memantau perkembangan investasi justru dakan mengakibatkan kamu menjadi semakin khawatir dan juga merasa takut dalam mengambil keputusan. kamu harus kembali ke tujuan awal berinvestasi dimana bertujuan untuk membangun kekayaaan dalam jangka waktu yang pajang dan kamu juga tentunya ingin sekali berinvestasi secara aman dan juga menguntungkan.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menjadi investor yang akan berinvestasi di sebuah perusahaan? Siapkah kamu untuk menerima berbagai profil macam risiko yang akan kamu hadapi selama berinvestasi?

Pada dasarnya investasi merupakan kegiatan yang sangat positif yang mana kegiatan ini akan membawa dampak yang sangat baik untuk kehidupan sekarang maupun di masa depan. kamu disarankan untuk mengembangkan bisnis dengan cara berinvestasi sejak dini dan tidak harus menunggu hingga kamu mapan terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *