trading bitcoin

Pengenalan Trading Bitcoin – Newbie Sini Masuk

Diposting pada

Panduan Trading Bitcoin РBelakangan ini, mata uang kripto (cryptocurrency) sedang diminati oleh banyak kalangan di seluruh dunia. Investasi secara konvensional seperti emas dan properti mungkin sudah ketinggalan jaman.  Dengan kecanggihan teknologi dan juga kemudahan akses digital, maka transaksi kripto juga mulai dilirik dan cukup menjanjikan dan bisa kamu jadikan salah satu pilihan investasi baik jangka panjang maupun investasi jangka pendek.

Sebenarnya ada berbagai jenis mata uang digital yang beredar di pasaran saat ini. Misalnya saja etheurum, dogecoin, litecoin, stellar, dan masih banyak lagi yang lainnya. Akan tetapi yang paling populer adalah bitcoin sebagai maskot dari  perdagangan uang digital saat ini. Meskipun menarik, akan tetapi informasi tentang cryptocurrency ini masih sangat minim karena memang belum lama terbentuk.

Di Indonesia sendiri, uang digital belum terlalu populer. Ada yang sudah mulai bermain untuk mencoba-coba transaksi digital ini, akan tetapi regulasinya masih belum jelas dari pemerintah. Yang ditakutkan adalah aset yang telah dimiliki sebelumnya bisa hilang secara tiba-tiba karena memang basis dari platform ini adalah menggunakan digital dimana di dunia maya masih sangat rentan terjadi.

Jenis Aset Kripto

Sebelum membahas lebih banyak tentang bitcoin, ada baiknya membahas tentang jenis-jenis mata uang kripto terlebih dahulu. Sebenarnya jenis aset kripto ini ada ribuan aset yang bisa kamu perdagangkan. Namun, hanya beberapa mata uang kripto yang sering diperjual belikan yang akan saya bahas :

  1. Bitcoin

Merupakan salah satu mata uang terpopuler dari yang lainnya. Bitcoin memiliki nilai valuasi tertinggi dibandingkan dengan jenis mata uang lainnya. Meski harganya tetap fluktuatif, pernah mencapai titik tertinggi dan juga terendah. Transaksinya menggunakan blockchain seperti jaringan buku kas yang berpusat di suatu sistem tertentu.

  1. Litecoin

Ini juga merupakan salah satu yang populer karena penambahan yang cukup signifikan. Harganya murah, cepat, dan sangat praktis. Bahkan untuk menambangnya Kamu bisa menggunakan PC berbasis Windows, Linux, MAcOS, dan lain sebaginya.

  1. Ethereum

Ia memiliki konsep smart contract sehingga Kamu bisa mendownload aplikasi di ponsel untuk melakukan trading. Ethereum juga mirip dengan bitcoin tetapi sedikit berbeda. Aplikasi blockhain dalam jaringannya disebut dengan ether dan suplainya tidak dibatas seperti bitcoin.

  1. Dogecoin

Mata uang digital dengan logo yang berbentuk anjing ini juga di gemari karena pemiliknya dapat membeli barang dan jasa tertentu atau menukar dengan mata uang lainnya.

Tips Trading Bitcoin dan Mata Uang Kripto Lainnya

tips trading bitcoin dan crypto

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa bitcoin merupakan mata uang yang paling digemari dan paling banyak transaksinya. Selain itu mata uang ini juga menjadi pelopor perdagangan cryptocurrency di dunia. Untuk bisa sukses dalam trading bitcoin, Kamu harus mengetahui beberapa cara tips dan triknya. Hal tersebut akan dibahas dibawah ini.

Selanjutnya untuk jual beli Kamu dapat melakukan dari berbagai cara berikut ini:

  1. Miliki asset bitcoin terlebih dahulu

Sebelum trading lebih lanjut maka di tahap awal Kamu harus memiliki mata uangnya terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Tentu dengan melakukan mining atau penambangan. Selain itu Kamu juga dapat membelinya di bursa aset kripto sehingga Kamu akan mudah mendapatkannya. Membuat akun juga penting sebagai wadah untuk bertransaksi. Dalam cryptocurrency, pembuatan akun biasanya disebut dengan digital wallet atau dompet digital.

  1. Membangun rencana trading

  • Prinsip jual beli bitcoin

Seperti layaknya saham, harga bitcoin juga mengalami fluktuasi. Misalnya saat harganya turun Kamu bisa membeli sebanyak-banyaknya dan menyimpannya hingga mencapai harga tertinggi. Dari sini Kamu akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli,

  • Arbitrage trading

Prinsip ini lebih kepada Kamu menggunakan beberapa platform untuk membeli bitcoin. Antara satu platform dengan lainnya pasti memiliki selisih harga. Nah Kamu dapat membeli di tempat yang lebih murah dan menjualnya di tempat yang lebih mahal harganya.

  1. Banyak Riset Mengenai Koin Yang Ingin Kamu Beli

Karena mata uang ini merupakan hal yang cukup baru, maka Kamu harus mengetahui berbagai berita terbaru tentang hal tersebut. Jangan sampai ketinggalan berita karena akan membuat Kamu rugi. Untuk menjadi seorang trader sabar dan rajin membaca. Begitupun juga harus menyiapkan mental karena jangan sampai putus asa jika rugi saat melakukan transaksi.

Selanjutnya Kamu dapat memulai trading dengan menggunakan platform yang dipercayai.

Kelebihan dan Kekurangan Trading Bitcoin

Berbagai jenis transaksi dan investasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri termasuk juga bitcoin. Kamu memang harus memiliki pengetahuan yang mumpuni jika ingin bertransaksi di bitcoin dan aset kripto. Akan tetapi jika tidak memiliki pengetahuan hanya dengan bermodalkan keberanian saja juga akan sangat beresiko ke depannya. Maka dari itu Kamu juga perlu tahu beberapa kelebihan dan kekurangan saat trading bitcoin adalah:

Kelebihan Trading Bitcoin

  • Bisa trading 24 jam

Berbeda dengan transaksi investasi lainnya, bitcoin dapat diakses selama 24 jam penuh. Jam berapapun Kamu inginkan, maka saat itu juga Kamu dapat melakukan trading bitcoin. Aktivitas saham sekalipun yang sangat bebas juga masih diatur oleh waktu. Hal ini sangat berbeda dengan tipe mata uang kripto.

  • Data yang transparan

Apapun yang terjadi di dalam perdagangan, maka data itulah yang ditampilkan di layar Kamu. Maka dari itu tidak ada cara untuk menyembunyikan data di dalam satu sistem blockchain yang telah dibangun. Kamu dapat mempercayai data tersebut akan sama di seluruh dunia.

  • Langsung kepada konsumen

Bitcoin diperdagangkan tanpa perantara pihak ketiga seperti saham, deposito, dan yang lainnya. Transaksi saham ada yang dilakukan oleh broker. Akan tetapi berbeda dengan bitcoin yang dapat dilakukan sendiri. Maka dari itu Kamu akan lebih mudah mengakses dan juga melakukan transaksi. Kamu juga dituntut untuk bisa mengambil keputusan sendiri meskipun resikonya asti ditanggung oleh pribadi masing-masing.

Kekurangan Trading Bitcoin

  • Risiko yang cukup tinggi

Harga bitcoin bisa mengalami fluktuasi dari tingkat terendah hingga tertinggi. Dan kenaikan atau penurunannya juga tidak main-main. Belum ada yang dapat mengeluarkan satu teori tertentu tentang naik turunnya harga sehingga dapat diprediksi dengan lebih jelas. Apabila Kamu seorang trader yang tidak berani mengambil resiko, lebih baik jangan memilih trading bitcoin.

  • Belum ada regulasi

Sampai saat ini belum ada regulasi yang jelas tentang perdagangan kripto khususnya di Indonesia. Apabila saham sudah diselenggarakan oleh BEI dan diawasi oleh OJK, berbeda halnya dengan uang kripto. Sampai saat ini belum ada regulasi jelas yang mengatur sehingga apabila terjadi loss akan sangat berbahaya untuk Kamu. Meskipun sekarang ada beberapa platform asset kripto yang sudah berjalan di Indonesia, Kamu tetap harus ekstra hati-hati jika ingin mencobanya.

  • Maraknya aksi kejahatan cryptojacking

Karena masih belum ada regulasi yang jelas, mengenai apa yang dilakukan sepenuhnya di dunia digital, dan kejahatan digital seulit terlacak, maka cukup banyak kesulitan saat berinvestasi di kripto. Untuk melakukan trading dengan baik Kamu harus memikirkan segala aspek termasuk kejahatan kripto. Jangan sampai aset dan uang Kamu melayang begitu saja tanpa ada penyelesaian yang jelas.

Itulah beberapa ulasan tentang bitcoin dan mata uang kripto. Intinya, hati-hati dalam transaksi investasi baik perbankan maupun kripto. Semuanya harus jelas, terukur, dan tentunya bisa mendatangkan profit. Kamu harus cerdas untuk bisa sukses dalam “trading bitcoin”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *