peluang usaha yang berhubungan dengan pertanian

Usaha Yang Berhubungan Dengan Pertanian

Diposting pada

Saat pertama kali mendengar pertanyaan “Usaha Apa Yang Berhubungan Dengan Pertanian?” mungkin sebagian orang pada umumnya hanya akan menjawab antara berkebun, atau membajak sawah dan menanam padi.

Padahal pilihan usaha yang berhubungan dengan pertanian yang menguntungkan ada banyak sekali, jika kamu penasaran mengenai bisnis yang berhubungan dengan pertanian. Silahkan di simak artikelnya admin asetbro akan mebahasnya.

Usaha Yang Berhubungan Dengan Pertanian Yang Menguntungkan

Di era moderen seperti sekarang ini, seorang petani tidak perlu membutuhkan lahan yang luas, karena jika kita melihat lapangan sendiri sudah banyak teknologi dan inovasi yang di terapkan di bidang usaha pertanian.

Mungkin 40 tahun kebelakang pekerjaan sebagai petani sangat lekat dengan panas-panasan, lumpur, kotor dan bau. Tapi sekarang ide usaha di bidang pertanian sudah beragam dan banyak mengalami perubahan.

Salah satu contohnya saja kita sekarang sering mendengan istilah hidroponik, atau terrarium. Hal ini merupakan salah satu dari banyaknya contoh metode pertanian masa depan yang tidak membutuhkan lahan yang besar.

Banyak orang yang sudah melirik bisnis usaha yang berkaitan dengan pertanian ini. Karena dengan modal yang tidak terlalu besar, kamu sebagai pemilik usaha juga bisa mendapatkan keutungan yang tidak bisa dibilang sedikit.

4 Ide Usaha Yang Berhubungan Dengan Pertanian Yang Menguntungkan

peluang usaha yang berhubungan dengan pertanian 1

Berikut beberapa ide usaha yang berhubungan dengan pertanian yang bisa kamu jalankan :

Usaha Tanaman Hias

Dunia usaha pertanian itu luas, kamu tidak hanya bisa menjual hasil sayuran namun kamu juga bisa memilih salah satu usaha di bidang pertanian yang masih berhubungan yaitu tanaman hias.

Tanaman hias biasa di pakai untuk membuat taman di rumah atau sering di gunakan untuk acara-acara seperti pernikahan. Selain untuk acara, tanaman hias ini biasa di pakai untuk menghias rumah agar lebih asri.

Banyak jenis tanaman hias yang biasa ada di rumah-rumah, contohnya saja ada tanaman gelombang cinta, kaktus, monstera dan masih banyak lagi jenis tanaman yang bisa menjadi penghias rumah.

Menjual Sayuran Hidroponik

Ini dia salah satu usaha yang berhubungan dengan pertanian yang tidak terlalu membutuhkan lahan yang besar. Jika kamu tidak memiliki cukup ruang untuk bercocok tanam, bertani secara hidroponik akan menjadi pilihan peluang usaha yang tepat dan menguntungkan.

Memang untuk memulai usaha dari tanaman hidroponik ini bisa di bilang gampang-gampang susah, karena kamu akan sedikit lebih sibuk di awal untuk mengurus kebutuhan dari metode hidroponik ini. Tetapi jika sudah berjalan usaha dibidang pertanian ini cukup menguntungkan.

Baca Juga :

Selain mendapat penghasilan, hidroponik sendiri adalah cara bercocok tanam yang ramah lingkungan. Kamu bisa memanfaatkan barang bekas seperti botol bekas, gelas, toples plastik sebagai media untuk menanam.

Hasil panen dari hidroponik ini banyak sekali di minati di masyarakat. Karena sayuran dari hasil hidroponik gampang di bersihkan serta sudah pasti bebas dari pestisida.

Kenapa tanaman hidroponik ini bisa bersih? karena tidak menyentuh tanah dan tidak mudah terserang hama. Itulah mengapa sayuran dari hasil panen hidroponik diminati oleh masyarakat.

Menjual Bibit Tanaman Secara Online

Peluang usaha yang berhubungan dengan pertanian yang menguntungkan selanjutnya adalah menjual bibit tanaman secara online.

Sebelum menjual kamu wajib melakukan riset pasar, riset ini berguna untuk mencari jenis tanaman apa saja yang laku di pasaran. Sehingga kamu bisa dengan mudah mendapatkan keuntungan dari bisnis ini.

Contoh beberapa bibit yang laku kekaras di masyarakat adalah bibit sayuran sehari-hari dan yang cepat pertumbuhannya. Misalnya, kangkung, bayam, sawi, tomat dan masih banyak lagi.

Bisnis menjual bibit ini adalah salah satu peluang usaha yang berhubungan dengan pertanian dengan modal yang sedikit. Karena yang kamu butuhkan adalah koneksi internet serta suplier bibit.

Biasanya di toko online, bibit tanaman ini di jual dalam bentuk kemasan kecil yang berisi beberapa bibit atau salah satu jenis bibit tanaman. Kamu bisa menjual bibit tanaman di toko online sehingga kamu bisa mendapatkan pembeli dari seluruh Indonesia.

Menjual Perangkat Alat Pertanian

Untuk memulai menanam tentu kamu membutuhkan peralatan. Dari sini kamu bisa memiliki peluang usaha yang berhubungan dengan pertanian, dengan menjual alat-alat pertanian.

Jenis usaha ini adalah jenis usaha yang berkelanjuatan. Artinya pembeli bisa akan terus datang dan membeli alat-alat pertanian di toko yang kamu punya.

Jenis usaha ini adalah contoh usaha di bidang pertanian dengan modal yang kecil. Untuk memulai usaha ini di awal kamu bisa menjual pot bunga, sekop, penyiram air, cangkul dan beberapa alat untuk berkebun.

Itu dia beberapa pilihan ide bisnis yang berhubungan dengan pertanian yang menguntungkan, semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan pengetahuan mengenai ide bisnis di bidang pertanian. Jika masih ada pertanyaan seputar artikel ini kamu bisa memberikan pertanyaan di kolom komentar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *